03 November 2020

Cara Meluruskan Neck Gitar Bengkok

 

cara meluruskan neck gitar bengkok

Bicara soal perawatan gitar pastinya membutuhkan perbincangan yang panjang dan detail karena setiap gitaris memiliki cara yang unik untuk memperlakukan gitarnya. Ditambah lagi alasan "low budget" menghasilkan kreatifitas pada orang Indonesia untuk merawat gitarnya dengan bahan dan alat yang serba seadanya. Perawatan gitar bisa dibilang sangat penting karena dengan perawatan yang baik akan memperpanjang usia gitar itu sendiri. Pada artikel Senar gitar Cepat Berkarat? Berikut 6 Tips Merawatnya saya telah menjabarkan secara detail salah satu bentuk perawatan pada gitar, khususnya senar. Pada artikel ini saya akan memberikan tips untuk mengatasi permasalahan neck yang bengkok dan juga cara untuk meluruskan neck bengkok.


Mengatur Truss Rod

Truss Rod adalah sebuah besi panjang yang disematkan dalam neck gitar. Tujuannya adalah untuk mengatur kelengkungan neck gitar. Pada umumnya baik gitar akustik dan gitar elektrik pastinya memiliki truss rod di dalam necknya. Berbeda dengan gitar klasik yang tidak memiliki truss rod. Jika gitar kalian memiliki truss rod, cobalah atur kelengkungan gitar dengan menggunakan kunci L. Untuk penjelasan detailnya silahkan baca artikel Mengatur Truss Rod untuk Mengatasi Neck Gitar yang Melengkung.


Press Neck Gitar

Cara kedua ini digunakan ketika cara pertama tidak berhasil atau gitar anda tidak memiliki truss rod (contohnya gitar klasik). Jika memang gitar kalian membutuhkan cara ini, pastikan pengerjaannya dilakukan oleh luthier atau bengkel gitar yang berkompeten untuk menghindari patah neck atau permasalahan lainnya.


Ganti Neck Gitar

Apa boleh buat jika cara pertama dan kedua tidak mempan untuk mengatasi permasalahan kalian. Memang ini bukanlah cara untuk meluruskan neck bengkok, tetapi anjuran jika memang tetap ingin mempertahankan gitar kalian tanpa harus mengganti body gitar. Namun cara ketiga ini hanya berlaku pada gitar elektrik yang meerapkan konstruksi Bolt On, baca Jenis Konstruksi Gitar Berdasarkan Cara Penyambungan Neck dan Body. Untuk mengganti neck saya juga menyarankan untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada luthier atau bengkel gitar, karena setiap gitar memiliki panjang neck, ukuran, bentuk neck yang berbeda-beda.


Lempar! Beli Baru

Hampir permasalahan neck gitar yang melengkung saya temui pada gitar yang tidak standar seperti gitar replika (baca Gitar Replika Kok Dibilang Custom), gitar non-pabrikan, dan gitar yang dibuat bukan dari luthier berpengalaman. Gitar seperti ini biasanya tidak memiliki standar khusus sehingga neck mudah sekali melengkung dan sulit untuk dibenahi. Jika kondisinya demikian saya selalu menyarankan mengganti gitar dengan yang standar, baca Tips Membeli Gitar Bekas (Gitar Elektrik) - Beli Gitar Nylon atau String Steel.