17 January 2020

Jenis Suara Manusia Berdasarkan Rentang Nadanya

jenis suara manusia peterdevriesguitarcom


Jika pada bangku sekolah dulu kita pernah belajar rentang frekuensi yang dapat ditangkap telinga manusia adalah 20Hz hingga 20KHz, saat ini saya akan membahas hal yang lebih spesifik dalam dunia musik khususnya vokal mengenai jenis suara manusia berdasarkan rentang nadanya. Berikut penjelasannya.

Berdasarkan buku The Theory and Use of Chords "A Text-Book of Harmony" yang ditulis oleh Gustav Strube seorang Komposer dan Conductor asal Jerman, suara manusia pada dasarnya terbagi menjadi 4 jenis yaitu Sopran, Alto, Tenor, dan Bass. Hal ini berkaitan dengan choral music (paduan suara) yang pada umumnya membagi suara berdasarkan gender manusia yaitu pria dan wanita, dimana setiap gender terbagi atas dua jenis.

Suara wanita terbagi atas Sopran dan Alto, sedangkan suara pria terbagi atas Tenor dan Bass. Sebelum kita membahas jauh rentang suara tersebut, ada baiknya untuk mengetahui cara penulisan keempat suara tersebut dalam partitur. Sopran dan Alto ditulis dalam treble clef sedangkan Tenor dan Bass ditulis daslam bass clef.
jenis suara manusia peterdevriesguitarcom
Gambar di atas adalah contoh penulisan partiturnya. Pada pertitur di atas, potongan lagu dimainkan dalam nada dasar F Mayor, pada treble cleff terdapat dua not yaitu not dengan tangkai menghadap ke atas dan ke bawah. Notasi pada treble clef dengan tangkai menghadap ke atas menunjukkan suara Sopran, notasi dengan tangkai ke bawah adalah suara Alto. Hal serupa juga berlaku pada Tenor dan Bass, Tenor diwakilkan dengan notasi dengan tangkai menghadap ke atas, Bass diwakilkan dengan notasi dengan tangkai menghadap ke bawah namun ditulis dalam bass clef.

Sebagai informasi tambahan, suara Sorpan dan Bass disebut outer voice karena letaknya mengapit suara Alto dan Tenor sebagai inner voice karena letaknya berada di dalam, diapit suara Sopran dan Bass.

Jika sudah paham mengenai penulisannya, berikut adalah penjelasan detailanya mengenai 4 jenis suara manusia tersebut.

1. Sopran
Mudahnya, jenis suara ini adalah jenis suara wanita yang memiliki kecenderungan pada nada tinggi. Sopran sering digunakan untuk menggambarkan melodi utama dalam lagu paduan suara. Ambitus (jangkauan) suara Sopran berada pada C4-A5 (penulisan register berdasarkan International Acoustical Society) atau c1-a2 (penulisan register menurut aturan Helmholtz). Beberapa penyanyi Sopran bahkan mampu hingga register C6 atau c3.

2. Alto
Jika suara Sopran adalah suara wanita pada nada tinggi, maka Alto merupakan suara wanita yang memiliki kecenderungan pada nada rendah. Suara Alto tetap lebih memiliki rentang yang lebih tinggi dari Tenor karena pada umumnya suara rendah wanita masih terbilang cukup tinggi dibandingkan suara pria. Ambitus suara Alto berada pada register G3-E5 atau g-e2. Beberapa penyanyi Alto bahkan mampu hingga register G5 atau g2.

3. Tenor
Penjelasan di atas secara singkat sudah saya paparkan bahwa berdasarkan gender Tenor merupakan klasifikasi suara pria. Tenor merupakan suara pria yang tinggi, namun jangkauannya dibawah suara Alto (wanita). Ambitus suara Tenor adalah C3-G4, bahkan beberapa penyanyi Tenor mampu hingga meraih nada A4.

4. Bass
Jenis suara yang terakhir berdasarkan Gustav Strube adalah Bass. Jenis suara ini biasanya dimiliki oleh pria dengan jangkauan suara pada nada rendah. Suara ini merupakan jenis suara terendah dalam susunan SATB. Bass biasanya berfungsi sebagai pengiring yang menggambarkan akor apa yang digunakan baik dalam posisi root maupun dalam posisi pembalikan. Ambitus suara Bass adalah Eb2-C4 bahkan beberapa penyanyi Bass mampu meraih satu nada lebih tinggi hingga D4.

Jika tadi saya sudah membahas jenis suara manusia berdasarkan buku The Theory and Use of Chords "A Text-Book of Harmony" yang ditulis oleh Gustav Strube, dimana pembagiannya berdasarkan choral music yang sangat erat kaitannya dengan musik klasik, pada artikel selanjutnya saya akan membahas Klasifikasi Suara dalam Musik Non-Klasik.

Picture source : www.ritzherald.com | www.mymusictheory.com