22 January 2018

Senar Gitar Cepat Berkarat? Berikut 6 Tips Merawatnya


Senar gitar merupakan salah satu senjata utama seorang gitaris. Bagaimana tidak? tanpa senar yang lengkap seorang gitaris pastinya akan kebingungan untuk berlatih ataupun manggung. Senar yang berkarat adalah masalah utama yang sering dikeluhkan oleh banyak gitaris. Nah, berikut tips untuk menjaga senar gitar kalian agar tidak cepat karatan.

1. Gunakan senar gitar yang asli (original).


Saat ini tidak sedikit senar gitar palsu yang beredar di pasaran. Dari segi kualitas senar gitar yang palsu pastinya sangat berbeda dengan senar gitar original. Pastinya senar original dari brand ternama memiliki standar tersendiri untuk menentukan bahan, proses pembuatan serta pengujian terhadap korosi. Bahkan beberapa brand yang dijual di Indonesia ada yang menawarkan produk unggulannya "coated string" dimana setiap senarnya dilapisi oleh bahan yang tahan karat dan memiliki masa guna yang lebih lama dari senar non coated. Saya sarankan untuk membeli senar gitar di toko musik yang berani menjamin keaslian senarnya dan benar - benar bekerjasama dengan distributor senar gitar di Indonesia. Jangan lupa tetap sesuaikan  budget yang sesuai dengan kantong anda.

2. Tempatkan gitarmu pada tempat yang tidak lembab.


Jika senar gitarmu mudah berkarat mungkin saja karena tempat kalian menyimpan gitar sangat lembab. Semakin lembab tempat kalian menyimpan gitar, maka semakin cepat pula senar kalian cepat berkarat. Sesekali cobalah bereksperimen memindahkan tempat penyimpanan gitarmu ke ruangan lain siapa tahu tempat yang sebelumnya memang lembab. Jadi jangan sekali - kali menyimpan gitar di dalam toilet atau kamar mandi ya.

3. Letakkan gitar di dalam softcase atau hardcase.


Seusai berlatih atau manggung jangan lupa simpan gitarmu dalam softcase atau hardcase. Fungsinya agar gitar kalian terhindar dari tumpahan cairan atau udara lembab yang dapat mempercepat proses korosi senar gitar kalian.

4. Sering - sering jemur case gitar.


Senar sudah asli, simpan di tempat yang tidak lembab sudah, beli case juga sudah, kok masih cepat banget berkaratnya? Nah selain 3 tips diatas, pastikan juga case tempat kalian menyimpan gitar juga tidak lembab. Caranya sering - seringlah untuk menjemur case kalian saat terik matahari sedang panas - panasnya kurang lebih 15 hingga 20 menit. Semakin sering kalian menjemur case kalian maka semakin baik.

5. Tempatkan Silica Gel dalam case gitar.


Silica gel berfungsi untuk mengurangi kelembaban, sehingga menempatkan silica gel dalam case gitar kalian pasti sangat membantu memperlambat proses korosi pada senar gitar. Beri beberapa pouch saja jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak. dan jangan lupa ganti silica gel lama dengan yang baru jika dirasa sudah cukup lama karena silica gel  juga memiliki kedaluwarsa.

6. Bersihkan senar gitar setelah digunakan.


Hal terakhir yang harus dilakukan adalah membersihkan senar secara rutin seusai berlatih atau manggung. Alasannya karena kotoran dari jari mengandung keringat yang juga mengandung kadar garam. Kandungan garam dalam keringat ini sangat cepat untuk membuat senar gitar berkarat. Bersihkan senar gitar kalian dengan kain yang kering dan setelahnya bersihkan menggunakan string cleaner. Di toko musik string cleaner sangat bervariasi, ada yang berbentuk cairan atau stick. Bereksperimenlah dalam memilih string cleaner hingga menemukan brand dan harga yang cocok.

Sekian 6 tips merawat senar gitar kalian agar tidak mudah berkarat. Jangan lupa untuk share artikel ini dan semoga bermanfaat.

"Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis. Sampai saat ini tips yang di-share masih tetap dilakukan dan sejauh ini sangat berhasil."