03 February 2019

Mengatur Truss Rod untuk Mengatasi Neck Gitar yang Melengkung

 Cara mengaksesnya yaitu dengan menggunakan hex key, allen key or allen wrench atau biasanya kita sebut dengan kunci L. Ukuran hex key yang digunakan juga bervariasi tergantung merk gitar, tahun pembuatan dan asal pembuatan.    Ada baiknya sebelum jauh kita membahas tentang truss rod kita mengetahui 3 jenis kelengkungan neck gitar, berikut adalah penjelasan dari gambar berikut :

Halo gitaris, kali ini saya akan menjelaskan tentang "Truss Rod" yaitu elemen penting yang ada pada gitar. Sebelumnya, sudah pada tahu belum apa itu truss rod? Truss rod merupakan sebuah besi panjang yang ditanam pada neck gitar, tepatnya dibawah fingerboard. Trus rod sendiri memiliki fungsi untuk mengatur kelengkungan neck gitar.


Cara mengaksesnya yaitu dengan menggunakan hex key, allen key or allen wrench atau biasanya kita sebut dengan kunci L. Ukuran hex key yang digunakan juga bervariasi tergantung merk gitar, tahun pembuatan dan asal pembuatan.


Ada baiknya sebelum jauh kita membahas tentang truss rod kita mengetahui 3 jenis kelengkungan neck gitar, berikut adalah penjelasan dari gambar berikut :


A. Normal
Kondisi A merupakan kondisi neck dalam kelengkungan normal sehingga tidak dibutuhkan penyelarasan truss rod. Kondisi ini pastinya membuat gitaris nyaman dalam memainkan gitarnya.

B. Up Bowed (U Shaped)
Kondisi B adalah kondisi dimana truss rod terlalu kendor sehingga neck berbentuk cekung. Neck seperti ini membuat senar begitu berat ketika ditekan, selain itu jika dibiarkan kondisi ini dapat menyebabkan kelengkungan gitar permanen jika tidak segera dibenarkan. Cara menyelaraskannya disebut tighten (mengencangkan truss rod) dengan cara memutar truss rod searah jarum jam (clock wise).

C. Back Bowed (N Shaped)
Kondisi C adalah kondisi dimana truss rod terlalu kencang sehingga neck berbentuk cembung. Neck seperti ini membuat senar begitu dekat dengan fingerboard dan menyebabkan fret buzz (istilah dimana senar tidak bisa bergetar karena bersinggungan dengan fret), selain itu jika dibiarkan kondisi ini juga bisa menyebabkan kelengkungan gitar permanen jika tidak segera dibenarkan. Cara menyelaraskannya disebut loosen (mengendorkan truss rod) dengan cara putar berlawanan arah jarum jam (counter clock wise).

Jika kalian sudah paham sampai tahap selanjutnya adalah mengetahui dimana sih posisi truss rod pada gitar kalian. Mengapa demikian? karena posisi truss rod setiap gitar berbeda tergantung brandnya. Berikut gambar posisi truss rod yang harus kalian ketahui :





Ok, tadi itu adalah pengetahuan dasar tentang mengatur truss rod, untuk lebih detailnya saya akan buat di posting selanjutnya.