04 March 2020

Gitar Replika Kok Dibilang Custom

membeli gitar custom peter de vries guitar

Seringkali kita mendengar tentang gitar custom dari teman-teman gitaris pemula. Gitar custom seolah merupakan gitar buatan non pabrik (rumahan) dengan harga yang cenderung murah. Salah satu kelebihan dari membeli gitar custom adalah kita bisa membuat bentuk gitar apapun sesuai dengan keinginan kita. Sampai disini, saya merasa banyak sekali kesalahpahaman teman-teman mengenai gitar custom itu sendiri. Mari kita bahas secara detail.
Sebelum jauh membahas gitar, kita harus paham terlebih dahulu istilah custom. Custom dalam dunia gitar berarti kita membuat gitar sesuai dengan keinginan kita, dari segi konstruksi, pemilihan kayu, pemilihan hardware, bahkan hingga teknik tertentu, sehingga gitar yang kita pakai kelak sesuai dengan keinginan kita. Biasanya gitar custom sangatlah unik dan bersifat sangat personal. Gitar custom juga biasanya membutuhkan dana yang lebih mahal daripada gitar pabrikan karena beberapa faktor. Salah satu contohnya adalah Fender Customshop yang harganya cenderung lebih mahal dari Fender pabrikan. Jika kalian memang seseorang yang ingin memiliki gitar dengan keunikan tersendiri, tidak ada salahnya untuk membuat gitar custom.

Pandangan yang salah adalah ketika menilai gitar replika (tiruan) sebagai gitar custom. Jika kalian membuat sebuah gitar dengan meniru bentuk, sparepart, bahkan membubuhkan merk yang tidak semestinya, maka saya dengan tegas menyatakan bahwa gitar tersebut adalah replika. Mengapa, karena kebanyakan sang pemilik gitar tersebut hanya ingin memiliki gitar dengan bentuk dan merk tertentu. Jujur saya cukup skeptis jika melihat beberapa teman membawa Ibanez Jem, karena gitar tipe ini sering sekali ditiru.

Saran saya, daripada kalian membeli gitar tiruan, lebih baik kalian membeli gitar pabrikan yang jelas secara konstruksinya. Pada artikel selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa kekurangan dari gitar replika. Untuk penjelasan membangun gitar custom akan saya jabarkan menjadi beberapa artikel secara mendetail. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan.

Picture source by www.russellborrett.com