07 November 2020

Spesifikasi Komputer untuk Home Recording

 

Spesifikasi Komputer untuk Home Recording

Perekaman audio telah berkembang dengan pesat. Hal ini dapat kita lihat dari bagaimana Gramophone dan tape record perlahan ditinggalkan dan disubtitusikan oleh perangkat komputer yang semakin lama semakin kompleks kegunaannya. Komputer tentunya tersusun atas komponen-komponen perangkat keras vital yang berpadu dengan perangkat lunak (sistem operasi, middleware, aplikasi) untuk mengolah data yang berfungsi bagi kehidupan manusia. Dalam mengolah data tentunya komponen komputer harus memiliki syarat minimal tertentu, misal dalam proses pengeditan video kita membutuhkan graphic card dimana ini tidak begitu penting jika konteks pekerjaannya hanya untuk proses pengolahan data tulisan seperti proses mengetik laporan, tugas kuliah, atau surat menyurat.

Sebelumnya pembahasan mengenai home recording telah saya kupas pada artikel Membangun Home Recording dengan Biaya Minimal, Tips Memilih Soundcard untuk Home Recording, dan Memilih Microphone untuk Home Recording. Dalam melakukan perekaman audio, komputer juga pastinya dituntut memiliki minimum standar yang harus dipenuhi. Pertanyaan demikian sering sekali dilontarkan kepada saya dan rekan-rekan audio engineer atau music producer. Pada artikel ini saya akan menjelaskan spesifikasi komputer untuk keperluan home recording.

Minimum System Requirements

Pertama kali yang harus kalian perhatikan adalah minimum system requirements untuk menginstall DAW (Digital Audio Workstation). Minimum system requirements adalah syarat minimum agar sebuah software dapat dijalankan oleh komputer. Hal ini adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh pengguna DAW, jika tidak biasanya pada saat proses penginstallan akan muncul notifikasi bahwa spesifikasi komputer anda tidak memenuhi standar minimum yang telah ditentukan. Pastikan kembali DAW apa yang akan kalian gunakan dan sesuaikan dengan minimum system requirements komputer kalian. Jangan pernah memaksakan diri untuk menginstall DAW yang digunakan rekan kita dimana kesenjangan spesifikasi komputer jelas terlihat antara komputer rekanmu dan komputermu. Ingat bahwa minimum system requirements adalah syarat minimum, saran saya sebisa mungkin spesifikasi komputer kalian lebih baik dari minimum system requirements, tentunya untuk menjalankan proses tambahan lain yang dibutuhkan.


Spesifikasi Tambahan

Setelah memenuhi standar minimum yang harus diperhatikan lagi adalah spesifikasi tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Saya menekankan kebutuhan secara personal karena kebutuhan setiap audio engineer, komposer, music producer, pastinya berbeda dan unik. Spesifikasi tambahan tidak hanya dilihat dari perbedaan kebutuhan setiap profesi, namun juga bisa dilihat dari jenis klien, frekuensi klien, dan hal spesifik lainnya. Spesifikasi tambahan dapa seperti tambahan kapasitas hardisk baik eksternal maupun internal, penggunaan SSD untuk pemrosesan yang lebih efisien, penambahan kapasitas RAM untuk mengolah  plugins yang berbasis sample, dan juga pemilihan prosesor untuk mengolah plugins berbasis algoritma (seperti oscilator) yang berjalan bersamaan (multitasking). Dari perbedaan profesi dan klien dapat dilihat begitu banyak pertimbangan untuk memilih spesifikasi tambahan ini. Saran saja kita harus berpikir bijak dan mampu mengatur ekspektasi kita terhadap spesifikasi komputer yang tinggi. Sebisa mungkin usahakan spesifikasi komputer sesuai dengan prioritas kebutuhan kita. Dalam membedah spesifikasi tambahan tentunya diperlukan pembahasan mendalam dan juga personal sehingga teman-teman bisa mendiskusikannya pada kolom komentar.