21 July 2018

Membangun Home Recording Dengan Biaya Minimal



Recording/rekaman saat ini bukanlah hal asing bagi musisi pemula hingga profesional. Bagaimana tidak, alat - alat rekaman jaman sekarang sudah sangat compact dan sangat sederhana berbeda pada era sebelum 90an dimana tidak semua orang bisa memiliki studio rekaman karena peralatannya yang sangat kompleks dan mahal.
Tidak sedikit dari kita ingin membangun studio rekamannya sendiri di kamar tetapi masih belum tahu apa saja yang dibutuhkan dan berapa kira - kira budget yang harus disiapkan. Untuk itu saya akan memberikan pencerahan bagaimana membangun home recording dengan biaya minimal tetapi dengan kualitas yang baik. Berikut alat - alat yang dibutuhkan :


1. Laptop/PC




Laptop atau PC merupakan komponen utama yang harus kita miliki dalam membangun home recording. Walaupun saat ini smartphone sudah sangat mendukung dalam proses rekaman tetapi saya tetap menyarankan menggunakan device laptop atau PC menilik bahwa fungsi device ini memang digunakan untuk pekerjaan yang kompleks seperti rekaman. Budget yang saya sarankan untuk membeli device ini kira - kira 3 juta rupiah, karena kebetulan saya sendiri menggunakan laptop sederhana ASUS X454Y untuk produksi musik yang harganya berkisar 3 juta rupiah.

2. Soundcard


Soundcard/Audiocard juga tidak dapat digantikan oleh device lain dalam memproduksi musik. Alat ini berguna untuk menerima inputan suara yang nantinya akan diterjemahkan dalam gelombang digital pada DAW (Digital Audio Workstation). Harga yang saya sarankan untuk membeli soundcard yang cukup baik berkisar 1,2 hingga 2 juta rupiah. Perbedaan harga biasanya tergantung pada spesifikasi soundcard, jumlah channel dan input tambahan seperti midi dll. Saya sendiri menggunakan behringer UMC404HD 4 Channel yang harganya tidak sampai 2 juta rupiah. Nah saran saya untuk teman - tean yang baru memulai, kalian bisa gunakan soundcard dengan jumlah channel 1 atau 2 sehingga dapat meminimalisasi budget kalian.

3. Headphone Flat


Headphone yang kalian gunakan bukan sembarang headphone yang dijual di pasaran. Kalian harus menggunakan headphone flat dimana headphone ini tidak memiliki ekstra bass atau efek lainnya yang mana headphone ini didesain untuk editing sehingga hasil mixing kita nantinya akan baik kualitasnya jika didengar oleh device apapun. Harga untuk headphone sangat beragam dari harga 300 hingga jutaan rupiah. Saya sendiri menggunakan headphone dengan harga 500 ribu rupiah. Bagi teman - teman yang masih baru memulai bisa membeli headphone 300 ribuan seperti behringer HPM1000. Tetapi saran saya karena untuk jangka panjang coba pilih headphone yang memiliki build quality yang baik agar tidak mudah rusak.

4. Monitor Speaker


Monitor Speaker bagi saya device yang opsional. Jika kalian punya dana untuk membeli monitor speaker maka belilah, tetapi jika dananya sedikit jangan berkecil hati karena fungsi dari monitor speaker dapat disubtitusikan dengan headphone flat walaupun memang fungsinya berbeda dimana jika kalian memiliki monitor speaker pastinya telinga akan makin rileks dalam bekerja karena tidak memakai headphone melulu. Harga speaker monitor yang saya sarankan sekitar 1,5 juta rupiah hingga tak terhingga. Nah, kebetulan saya sendiri juga tidak memiliki monitor speaker, jadi semua karya yang saya buat saat ini murni 100% hanya menggunakan headphone flat.

Itu tadi alat - alat yang kalian butuhkan dalam membangun home recording dengan biaya minimal. Setelah saya hitung biaya untuk membuat home recording berkisar 5 hingga 7 juta rupiah. Harga tersebut merupakan harga bulan juli 2018 dimana nilai USD mencapai 14 ribu rupiah. Selamat berkarya dan yakinlah bahwa musik baik dapat dihasikan walaupun alat - alatnya sederhana tetapi tetap layak.

Catatan : Harga diatas belum termasuk kabel dan digital audio workstation. Saya sama sekali tidak menyarankan menggunakan digital audio workstation yang bajakan.