11 November 2019

Tips Memilih Soundcard untuk Home Recording

tips membeli soundcard peterdevriesguitar

Bicara soal recording, tidak akan lepas dari yang namanya soundcard. Saat ini banyak sekali brand yang menawarkan soundcard dengan spesifikasi tinggi yang desainnya cukup sederhana sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Banyak yang menanyakan kepada saya melalui private message tips untuk membeli soundcard terutama bagi pemula untuk keperluan home recording. Langsung saja kita bahas.


1. Cari Keunggulan dari Soundcard yang Sesuai dengan Kebutuhan

memilih soundcard home recording

Setiap brand soundcard pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Misalnya Focusrite Scarlett 2i2 dengan warna merah dominan dan terdapat LED light berwarna hijau, atau Behringer UMC202 yang menggandeng Midas untuk preampnya. Saran saya, sesuaikan dengan apa yang kalian perlukan.

Pertimbangkan juga berapa input dan output yang kalian butuhkan, misal kalian hanya suka menyanyi untuk cover lagu dan budget kalian pas-pasan, lebih baik beli saja soundcard dengan 1 atau 2 channel input, jika kalian membeli soundcard 4 channel input, kemungkinan besar akan jarang sekali keempat inputannya terpakai secara bersamaan. Selain itu jika keperluan kalian hanya membeli soundcard untuk home recording saja, sepertinya input midi in dan out jarang sekali diperlukan, sehingga pertimbangkan untuk tidak memilih soundcard dengan modul ini. Sebaliknya, jika kalian sering melakukan rekaman live dengan 4 instrumen sekaligus ada baiknya untuk membeli soundcard lebih dari 2 channel. Output dari soundcard juga harus dipertimbangkan. Beberapa soundcard 2 channel pun terkadang ada yang memiliki 4 output (2 left/right ke monitor, dan 2 left/right ke main speaker). Jika kalian hanya memerlukan 2 output ke monitor, pilihlah soundcard yang memiliki 2 output saja.

Terdapat sebuah pertimbangan lagi ketika kalian akan memilih soundcard, yaitu preamp. Contoh pada Behringer UMC sudah menggunakan preamp Midas, Steinberg UR menggunakan Pream D-Pre, jika kalian merasa masih awam saran saya tanyakan kepada ahli atau cek barang di toko musik dan bandingkan langsung dengan cara rekaman menggunakan headphone dan mic yang sama, dari situ kalian bisa menentukan mana yang lebih baik sesuai dengan pendapat kalian.

2. Built Quality

tips memilih soundcard home recording

Banyak sekali soundcard home recording dengan harga yang cukup murah yang dijual di marketplace namun hampir keseluruhan partnya terbuat dari plastik. Misal terdapat 2 soundcard, A seharga Rp 1.000.000 namun bahannya didominasi bahan plastik, dan soundcard B byang didominasi bahan logam seharga Rp 1.300.000, saya akan cenderung membeli soundcard B, karena menurut saya bahan luar akan mempengaruhi ketahanan soundcard itu sendiri jika kita sering membawa keluar rumah. Namun beberapa soundcard dengan dominasi bahan plastik ada juga yang menggunakan bahan polimer pilihan, hal ini juga yang membuat saya akan memilih soundcard tersebut dibandingkan saya membeli soundcard yang didominasi logam namun kaleng-kaleng.

3. Kualitas Suara

tips memilih soundcard home recording

Pertanyaan timbul ketika kalian menemukan bahan sama-sama logam, tampilan mirip, jumlah input dan output sama, kok harganya beda. Hal ini terdapat pada kualitas suara yang dihasilkan oleh soundcard itu sendiri. Saat ini soundcard dengan High Quality audio sudah sangat banyak di pasaran. Kalian juga harus memastikan apakah soundcard yang kalian beli sudah bisa menghasilkan HQ audio. Hal ini dapat kalian ketahui dari tahun keluaran soundcard dan generasi ke berapa. Beberapa soundcard yang sama terkadang memiliki generasi yang berbeda contohnya pada Focusrite Scarlett 2i2.


4. Garansi dan Reputasi Toko

tips memilih soundcard home recording

Hal terakhir sepertinya sepele namun patut dipertimbangkan. Kalian wajib menanyakan garansi dari soundcard tersebut, lokasi service center, bagaimana klaim garansi, apakah tersedia service center di Indonesia. Reputasi toko juga harus diperhatikan apalagi jika kalian membeli di marketplace akan jauh lebih jelas informasi dari rating dan review pembeli. Banyaklah bertanya pada penjual mengenai hal ini agar jika terdapat kendala pasca pembelian, kalian tahu harus klaim garansi kemana.

Berikut adalah beberapa daftar harga soundcard untuk home recording pada beberapa marketplace teranama di Indonesia dengan rating 4-5 berdasarkan situs www.termurah.us per November 2019 :

1. Behringer UMC 202 (Rp 1.420.000 - Rp 1.650.000) | Informasi Produk Klik Disini
2. Focusrite Scarlett 2i2 (Rp 2.300.000 - Rp 2.699.000) | Informasi Produk Klik Disini
3. Steinberg UR 12 (Rp 1.945 - Rp 2.720.000) | Informasi Produk Klik Disini

Picture source :
www.soundgearlab.com/wp-content/uploads/2018/11/home-recording-studio-equipment-list.jpg
www.sweetwater.com/store/detail/MonitorSTdm--dangerous-music-monitor-st
www.altpress.com/news/guitar_center_loses_11_million_fires_100_employees