26 October 2020

Pengertian ADSR (Attack Decay Sustain Release)

 

apa itu ADSR peterdevriesguitar fisellamusic



Music Producer pemula atau profesional pasti tidak asing dengan istilah Attack, Decay, Sustain, Release atau sering disebut ADSR. Ketika menjadi seorang pemula di bidang penataan suara yang saya lakukan untuk memahami ADSR adalah dengan mengubah knob ADSR dan merasakan perubahan apa yang terjadi, kemudian menyimpulkan fungsinya. Saya yakin hampir semua pemula melakukan hal yang demikian. Pada artikel ini saya mencoba menjelaskan dengan mudah pengertian dari ADSR.


ADSR Envelope menjelaskan sebuah informasi audiotory, bagaimana suara berubah seiring waktu. Mudahnya dalam praktek musik, ADSR dapat dirasakan ketika kita memencet tuts piano dan merasakan berapa lama (waktu) produksi nada dihasilkan, dan berapa lama nada tersebut selesai sehingga hilang dari pendengaran kita. Dari konsep ini maka perubahan suara seiring dengan waktu  tersebut dibagi atas empat poin yaitu Attack, Decay, Sustain, dan Release. Berikut adalah penjelasan singkat keempat poin tersebut.


apa itu ADSR Attack, Decay, Sustain, Release


Attack adalah seberapa cepat sebuah bunyi mencapai puncak volume. Perhatikan gambar diatas, sumbu x adalah waktu, sumbu y adalah volume. Diperlukan waktu (biasanya dalam mili detik) untuk mencapai puncak dari volume.


Decay adalah seberapa cepat bunyi yang telah mencapai batas maksimal pada attack jatuh (turun volumenya) menuju level sustain.


Sustain adalah seberapa lama sebuah bunyi dengan volume konstan dipertahankan setelah decay selesai.


Release adalah seberapa cepat sebuah bunyi habis (fade out) untuk menjelaskan bahwa bunyi tersebut sudah habis.


Sebagai penjelas saya akan memberi gambaran ADSR pada sebuah waveform (single note). Perhatikan gambar di bawah :


apa itu ADSR peterdevriesguitar

Waveform di atas menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu (misal 200ms) untuk mencapai 0dB, inilah yang disebut dengan Attack. Dari titik puncak Attack (0dB) menuju Sustain (-6dB) juga dibutuhkan waktu (misal 250ms), inilah yang disebut dengan Decay. Titik terendah dari Decay dipertahankan dalam beberapa saat (misal 500ms), inilah yang disebut dengan Sustain. Waktu dimana sustain berakhir hingga bunyi tersebut habis dan hilang dari pendengaran (misal 500ms) disebut dengan Release.
Catatan : ms = milisecond

Pengen Belajar Music Production?

FL Studio Course