01 August 2020

Tips Memilih Ukuran Senar Gitar

memilih ukuran senar gitar peterdevriesguitar.com

Seperti pada artikel sebelumnya saya selalu mengatakan bahwa senar merupakan salah satu jantung bagi gitaris. Pembahasan yang terlihat sepele mengenai senar gitar tidak akan habis dibahas dalam semalam. Beberapa artikel yang pernah saya bahas antara lain Tips Merawat Senar Gitar, Cara Mengecek Keaslian Senar D'Addario, Membandingkan Senar D'Addario Asli dan KW, Kebiasaan Gitaris Pemula yang Salah dalam Mengganti Senar Gitar, dan Merk Senar gitar Recommended. Pada artikel ini saya akan membahas memilih ukuran senar gitar, hal ini juga menjadi permasalahan para gitaris pemula dan menengah, terutama saat membeli senar gitar di toko musik.

Untuk memilih senar gitar, tentunya ada parameter sesuai dengan karakter masing-masing gitaris. Setiap gitaris memiliki preferensi musik dan pengaruh musik yang berbeda. Oleh karena itu saya akan membahasnya berdasarkan beberapa parameter yang saya gunakan dalam menentukan ukuran senar gitar.

Pada gitar elektrik dan akustik string steel, biasanya ukutan senar ditentukan dari senar pertamanya (kecuali custom size). Ukuran paling tipis ke tebal yaitu 008, 009, 010, 011, 012, dan 013. Semakin tebal senar maka tone dari senar tersebut akan semakin jelas namun akan terasa semakin berat. Bagi gitaris yang sering memainkan lagu dalam tempo cepat (gitaris shredder) mereka cenderung menggunakan ukuran senar yang tipis, bisa 008, 009, dan tak jarang menggunakan 010, sebaliknya bagi gitaris yang cenderung bermain dalam tempo sedang dan mengutamakan kejelasan tone biasanya akan memilih senar dengan ukuran lebih dari 010. Hal yang sama juga bisa diterapkan pada gitar string steel, dimana ukuran senar gitar string steel yang pernah saya jumpai paling tipis adalah 009.

Selain parameter diatas, jenis konstruksi gitar juga harus dipertimbangkan. Ukuran senar tebal biasanya tidak disarankan untuk gitar dengan neck tipis karena akan merusak neck itu sendiri, namun hal ini bisa diatasi dengan menurunkan semua tuning standar sebesar setengah/satu nada. Selain itu ada juga gitar yang bertipe baritone dengan neck length yang lebih panjang. Tipe gitar ini tidak disarankan menggunakan senar tipis karena akan membuat senar mudah putus.

Tips terakhir adalah dengan menggunakan custom size jika kalian merasa kurang puas dengan ukuran senar standar. Misal pada senar gitar ukuran 009 pada merk D'Addario memiliki ukuran senar masing-masing 009, 011, 016, 024, 032, 042 (dari senar 1 ke 6) dan pada senar gitar ukuran 010 memiliki ukuran senar masing-masing 010, 013, 017, 023, 036, 046 dan kalian merasa cocok dengan ukuran  009 pada senar 1-3 dan ukuran 010 pada senar 4-6, kalian bisa mencari brand yang menyediakan custom size seperti Ernie Ball dan D'Addario.

Picture source : Unsplash Duncan Kidd