18 February 2020

Membandingkan Senar D'Addario Asli dan KW

Senar D'addario Asli atau KW Peter de Vries Guitar


Pada artikel sebelumnya yang berjudul Senar Gitar Mudah Berkarat? Berikut 6 Tips Merawatnya saya sudah menyampaikan bahwa senar merupakan bagian terpenting dari seorang gitaris. Pada artikel tersebut saya sudah membedah satu per satu tips yang selama ini juga sudah saya lakukan sebagai seorang gitaris.

Lalu, pembahasan berlanjut mengenai tips bagaimana Cara Mengecek Keaslian Senar D'Addario agar kita sebagai gitaris tidak mudah tertipu dengan barang palsu yang saat ini marak dijual di berbagai marketplace.


Sebagai seorang gitaris, tentunya saya sering melakukan eksperimen pada gitar atau spare part dengan tujuan mendapatkan hasil yang maksimal baik dalam tone dan clarity yang bagi saya sangat  mempengaruhi mood latihan dan manggung.

Kali ini secara sengaja saya mencari senar D'Addario di salah satu marketplace. Menurut pengalaman saya, selama saya membeli senar D'Addario di toko musik yang menjual alat musik dan asesoris musik original, harganya tidak terlalu terlampau berbeda antara satu toko dengan toko lainnya. Anehnya, pada marketplace online ini bisa dikatakan harga senarnya sangat murah dan bahkan tidak masuk akal (hampir sepertiga dari harga biasanya).Berdasarkan pengalaman, saya berani menjamin jika senar ini KW. Rasa penasaran saya timbul karena ingin mengetahui apakah senar D'Addario KW ini memiliki kualitas yang mampu mengimbangi kualitas Senar D'Addario yang asli. Setelah memasang D'Addario KW, beberapa hal yang sangat berbeda adalah berikut :

1. Tone

Saya dapat mengatakan bahwa senar ini sama sekali tidak memiliki karakter suara senar gitar yang layak. Ketika saya mencobanya di ampli kamar, kualitas tonenya jauh dari kata sempurna. Senar 1 sampai 3 terasa sangat treble dan 4 sampai 6 kejelasan suaranya sangat kurang.

2. Gauge

Gauge atau ketegangan yang saya rasakan pada senar D'Addario KW ini cukup membuat saya ragu untuk melanjutkan penggunaannya. Senar ini bisa dikatakan cukup memiliki ketegangan yang besar, sedangkan biasanya senar D'Addario cukup lentur. Saya memutuskan untuk menggantinya karena takut membuat neck menjadi bengkok.

3. Mudah Mati

Sekitar empat hari dari pemasangan senar, saya mencoba untuk melakukan rekaman sebuah riff  untuk karya teman saya. Saya sangat tidak puas karena dalam waktu tiga hari senar ini mati bahkan di atas fret 12 suaranya sudah fals padahal perawatan sama seperti yang saya lakukan sebelumnya dan settingan saddle masih aman.

4. Karat (Menghitam)

Menurut saya hal ini biasa terjadi di senar merk Ernie Ball, namun warna kehitaman pada Ernie Ball tidak terlalu mempengaruhi kualitas surara senar (tone dan clarity). Bedanya pada senar D'Addario KW ini, karat membuat suaranya makin tidak karuan. Karena takut melukai fret (kebetulan saya pakai jescar) dan fingerboard, saya memutuskan untuk melepas senar ini dan menggantinya dengan yang asli.

Semoga pengalaman ini mampu memberi pengetahuan bagi teman-teman agar lebih waspada dalam membeli senar gitar. Pesan saya gunakan produk D'Addario yang asli dengan membelinya di authorized seller dan jika kalian memiliki keberanian, kalian dapat melaporkannya ini ke halaman resmi D'Addario.


Picture source : stringjoy.com