25 February 2020

Kebiasaan Gitaris Pemula yang Salah dalam Mengganti Senar Gitar


Sebagai gitaris senar adalah salah satu bagian yang sangat penting. Bagi kalian yang saat ini sedang mendalami gitar dan masih bingung kapan harus mengganti senar gitar, atau membutuhkan informasi lebih tentang tips dalam mengganti senar pada artikel ini saya akan membahas kebiasaan gitaris pemula yang salah dalam mengganti senar gitar.

1. Ganti senar gitar setelah putus

Tidak sedikit gitaris pemula yang melakukan kebiasaan ini, bahkan ketika masa awal saya belajar gitar, senar gitar tidak akan saya ganti jika belum putus. Senar gitar yang putus akibat dimakan usia sebaiknya dihindari. Usahakan senar gitar dalam kondisi yang baik ketika akan manggung. Bagi saya pribadi, senar putus diatas panggung akan membuat mood berubah drastis, apalagi jika senar putus disaat kita memainkan bagian solo gitar.

2. Senar gitar berkarat masih digunakan

Ingat bahwa senar berkarat dapat membuat jari kita terluka. Luka tersebut berpotensi membuat infeksi yang akhirnya membahayakan keselamatan kita. Saya selalu memberikan informasi kepada murid saya dengan sedikit bercanda, "emang mau nama kita masuk berita terus judulnya seorang gitaris meninggal terkena tetanus karena senar gitarnya berkarat?". Selain bagi diri sendiri, senar berkarat juga bisa merusak fret dan fingerboard gitar. Jadi, jika senar sudah mulai berkarat, ganti dengan senar yang baru. Pada artikel Senar Gitar Cepat Berkarat? Berikut 6 Tips Merawatnya mungkin bisa membantu kalian agar senar gitar mempunyai masa guna yang lebih panjang.

3. Ganti senar gitar eceran

Beberapa gitaris pemula biasa melakukan praktik ini, mungkin disamakan dengan membeli rokok eceran agar hemat. Sebaiknya jangan mengganti senar gitar dengan sistem ngecer. Tone senar baru dan lama sangat berbeda, jika salah satu senar gitar kalian baru dan yang senar lainnya lama, maka akan ada perbedaan tone yang signifikan dan membuat permainan gitar kalian menjadi kurang enak didengar.

4. Pakai senar gitar palsu

Pada artikel Membandingkan Senar D'Addario Asli dan KW saya mencoba menceritakan pengalaman saya menggunakan senar palsu dan saya sangat tidak menyarankan. Ada beberapa poin yang bisa kalian baca pada artikel tersebut mengapa sebaiknya menggunakan senar yang original. Jika kalian ingin mengetahui senar D'Addario kalian asli atau palsu kunjungi artikel Cara Mengecek Keaslian Senar D'Addario.