05 August 2018

Mengenal Major & Minor Pentatonic Scale

belajar pentatonic scale macam macam pentatonic scale jenis pentatonic scale peter de vries guitar


Ketika pengetahuan teori musik saya masih minim, banyak sekali senior di dunia musik sering menggunakan istilah "pentatonic". Tidak hanya sekali dua kali, kata pentatonic juga sering dipaparkan dalam materi pembelajaran gitar, dimana banyak sekali basic lick berasal dari pentatonic. Berikut penjelasannya.

Secara harfiah, pentatonic berasal dari 2 kata "penta" yang berarti lima dan "tonic" berarti nada, sehingga pentatonic memiliki arti 5 nada. Pentatonic Scale terdiri dari 5 nada. Menurut sejarahnya, di dunia ini tangga nada tradisional banyak yang menggunakan tangga nada ini dengan susunan nada yang berbeda - beda antara lain (jawa, china, india, jepang dan lain sebagainya).

Dalam musik modern, tangga nada yang paling sering digunakan adalah major dan minor pentatonic scale. Interval pada major pentatonic scale adalah 1 - 1 - 1.5 - 1 - 1.5 sedangkan minor pentatonic scale adalah 1.5 - 1 - 1 - 1.5 - 1

Contoh :
A Minor Pentatonic Scale terdiri dari A - C - D - E - G - A, sedangkan A Major Pentatonic Scale terdiri dari A - B - C# - E - F# - A.

Kapan kita bisa menggunakan Major atau Minor Pentatonic Scale? Mudahnya Major Pentatonic Scale digunakan sesuai dengan root pada sebuah progresi. Misal dalam sebuah progresi root/nada dasarnya C, gunakan C Major Pentatonic. Penggunaan Minor Pentatonic Scale dapat kalian terapkan pada relative minor dari root. Dimana relative minor adalah nada keenam (la) dari root. Misal C relative minornya A. Jadi jika terdapat sebuah progresi yang nada dasarnya C kalian bisa mainkan A Minor Pentatonic Scale.

Berikut adalah diagram major dan minor pentatonic :

Mengenal  Major & Minor Pentatonic Scale

Sebagai informasi, sebenarnya major dan minor scale merupakan rangkaian tangga nada yang terhubung. Posisi 5 dari Minor Pentatonic Scale adalah Posisi 1 dari Major Pentatonic Scale, Posisi 1 Minor Pentatonic Scale adalah Posisi 2 dari Major Pentatonic Scale. Jadi jika kalian bermain pada progresi dengan tangga nada C, kalian dapat bermain di C Major Pentatonic Scale atau A Minor Pentatonic Scale. Selamat belajar, budayakan berfikir.