06 January 2020

Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020

Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020 peterdevriesguitarcom

Setelah kita membahas beberapa artikel Membangun Home Recording dengan Biaya Minimal, Tips Memilih Soundcard untuk Recording, dan Memilih Microphone untuk Home Recording, saat ini saya akan membahas Digital Audio Workstation atau aplikasi rekaman suara terbaik di tahun 2020. Bagi kalian yang mau belajar recording simak artikel ini sampai selesai.

Saya mencoba berselancar melalui mesin pencarian Google, dan melalui situs Google Trends saya mendapatkan 5 aplikasi rekaman suara yang sangat dicari oleh pengguna internet. Perhatikan grafik dari Google Trends dengan lingkup world wide selama 12 bulan belakangan ini :

Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020 peterdevriesguitarcom

Dari grafik diatas FL Studio menempati posisi pertama dengan perolehan nilai rata-rata 84. Diurutan selanjutnya disusul oleh Pro Tools dengan nilai rata-rata 32. Posisi ketiga dengan perolehan berimbang dengan nilai rata-rata 29 diperoleh Logic Pro dan Steinberg Cubase, sedangkan Studio One mendapatkan skor rata-rata paling rendah 12.

Setelah mencoba mencari di lingkup dunia, saya mencoba mempersempit lingkupnya di Indonesia. Berikut adalah grafik aplikasi rekaman suara selama 12 bulan belakangan :

Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020 peterdevriesguitarcom


Melihat grafik di atas, FL Studio menempati perolehan paling tinggi. Saya pun mencoba mencari beberapa forum pengguna FL Studio dan grup sosial media, ternyata FL Studio memiliki jumlah pengikut yang terbilang banyak.

Baik selanjutnya saya akan bahas kelima aplikasi rekaman suara yang sudah kita bahas diatas.

1. FL Studio

Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020 peterdevriesguitarcom
Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020 peterdevriesguitarcom

FL Studio dikenal sebagai Fruity Loops yaitu DAW yang sudah ada sejak tahun 2003 yang dikembangkan oleh perusahaan Image Line asal Belgia. FL Studio memiliki antarmuka pengguna grafis berdasarkan sequencer berbasis pola. Saat ini FL Studio telah mencapai versi yang ke 20.6 untuk Windows dan MacOS, serta FL Studio Mobile 3 untuk iOS, Android, dan Windows. Beberapa artis dan produser musik yang menggunakan alikasi rekaman ini adalah Avicii, Martin Garix, Afrojack, Veela, Seamlesr.

Persyaratan sistem pada desktop atau laptop:
  • FL Studio dirancang untuk berjalan pada Sistem Operasi Windows 7, 8, 10, versi diatasnya dan MacOS minimum 10.11, direkomendasikan 10.13.6 atau versi diatasnya.
  • Ruang Penyimpanan kosong 4GB.
  • RAM 4GB atau lebih tinggi direkomendasikan.
  • Semakin kuat CPU, semakin banyak instrumen dan FX yang dapat dijalankan.
2. Pro Tools

Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020 peterdevriesguitarcom


Pro Tools adalah DAW yang dikembangkan dan dirilis oleh Avid Technology (sebelumnya Digidesign) untuk Windows dan MacOS yang dapat digunakan untuk berbagai macam rekaman suara dan keperluan produksi suara. Pro Tools merupakan salah satu aplikasi rekaman suara yang cukup tua karena telah ada sejak tahun 1989. Pro Tools juga bekerjasama dengan perusahaan hardware M-Audio. Artis yang menggunakan aplikasi rekaman ini adalah Dr. Dre, Pharrell Williams and Chad Hugo. Persyaratan sistem dapat dilihat disini.

3. Cubase

Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020 peterdevriesguitarcom

Cubase terbilang software yang cukup tua karena berdiri sejak 1989. DAW ini dikembangkan oleh Perusahaan Steinberg untuk rekaman audio analog dan MIDI. Versi pertama hanya sequencer MIDI dan dijalankan pada komputer Atari ST, dirilis pada tahun 1989. Saat ini banyak artis besar yang menggunakan Cubase diantaranya Ron Thal dan Bernard Summer. Aplikasi rekaman ini dapat kalian jadikan pertimbangan untuk memulai karir produksi musik. Persyaratan sistem untuk menjalankan Cubase 10.5 dapat dilihat disini.

4. Logic Pro

Aplikasi Rekaman Suara Terbaik Tahun 2020 peterdevriesguitarcom


Logic Pro adalah aplikasi rekaman (DAW) dan perangkat lunak sequencer MIDI untuk platform MacOS. Awalnya dibuat pada awal 1990-an sebagai Notator Logic atau Logic oleh software developer asal Jerman C-Lab dan berganti dikembangkan oleh Emagic. Apple mengakuisisi Emagic pada tahun 2002 dan Logic diubah namanya menjadi Logic Pro. Saat ini versi terbaru dari DAW ini adalah Logic Pro X. Jika kalian menggunakan MacOS, kalian bisa memilih aplikasi rekaman ini untuk memproduksi musik. Persyaratan sistem dapat kalian lihat disini. Beberapa artis yang menggunakan Logic Pro adalah Swedish House Mafia, Nicky Romero, Flosstradamus, Hardwell, Disclosure, Calvin Harris, dan David Guetta.

Itu tadi beberapa aplikasi rekaman suara terbaik di tahun 2020 yang bisa kalian pertimbangkan untuk memulai karir produksi musikmu. Saya sebagai produser musik, saya menggunakan FL Studio sejak 2009 dari mulai rekaman, mixing, mastering, koreksi vokal dan membuat pattern MIDI.


Picture Source :
www.commons.wikimedia.org | www.image-line.com | www.avid.com | www.steinberg.net | www.apps.apple.com