12 February 2020

Universitas dengan Jurusan Musik Terbaik di Dunia

Universitas Musik Terbaik di Dunia Peter de Vries Guitar

Berniat untuk melakukan studi formal ke Institut/Akademi/Universitas dengan jurusan musik terbaik di dunia? Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa daftar kampus musik terbaik di dunia tahun ini.

1. The Julliard School

Lokasi : New York
Didirikan : 1905
Alumni : Yo-yo Ma, John Williams
Website : www.juilliard.edu

Julliard merupakan salah satu kampus seni pertunjukan bergengsi di dunia khususnya dalam bidang akting, menari, dan tentunya musik. Lokasinya yang berada di New York menghubungkan salah satu universitas dengan jurusan musik terbaik di dunia ini dengan Lincoln Centre yang menjadi pusat pertunjukan musik live. Terdapat beberapa Program Studi Musik yang ditawarkan antara lain Instruments yang fokus kepada musik klasik, Vocal Art, Jazz Studies, Historical Studies yang fokus studinya adalah menyajikan musik pada era tertentu dalam musik, Composition, dan Orchestral Conducting.

2. Berklee College of Music

Lokasi : Boston
Didirikan : 1945
Alumni : John Mayers, Steve Vai
Website : www.berklee.edu

Berklee adalah salah satu kampus musik terbaik di dunia yang cukup berbeda dengan kampus musik lainnya. Berklee berfokus pada musik modern kekinian seperti rock, jazz, blues, dan lainnya. Dengan demikian lulusan Berklee jarang sekali yang berkecimpung dalam dunia musik klasik.

3. Yale School of Music

Lokasi : New Haven
Didirikan : 1894
Alumni : Marco Beltrami, Michael Daugherty, Matt Brubeck
Website : www.music.yale.edu

Yale merupakan salah satu kampus musik tertua di USA. Lokasinya memang tidak setenar kota lain seperti New York, namun kampus ini dapat kalian jadikan pertimbangan untuk belajar musik formal.

4. Royal College of Music

Lokasi : London
Didirikan : 1882
Alumni : Andrew Lloyd Webber, James Horner, Vanessa-Mae
Website : www.rcm.ac.uk

Royal College of Music dikenal dengan sertifikasi ABRSMnya yang hampir dipakai di seluruh dunia. Lokasinya di London membuat kampus ini memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa Program Studinya antara lain Instrumen, Historical Performance, Conducting, Composition, Vocal & Opera.

5. Curtis Institute of Music

Lokasi : Philadelphia
Didirikan : 1924
Alumni : Leonard Bernstein, David Brooks, Lang Lang
Website : www.curtis.edu

Walaupun Philadelphia bukanlah sebuah kota yang dikenal sebagai kota musik, namun Philadelphia memiliki sebuah kampus musik terbaik di dunia dan telah menghasilkan cukup banyak musisi terbaik. Kampus musik ini juga dikenal dengan ujian masuknya yang sulit.


Picture source www.valencia.berklee.edu