26 February 2020

Software untuk Menulis Not Balok

Software untuk Menulis Not Balok


Perkembangan dan kemajuan teknologi membuat manusia tidak lepas dari perangkat pintar seperti smartphone dan komputer, begitu pula dengan musisi. Jika melihat gitaris masa kini, hampir seluruhnya didominasi oleh perangkat serba digital seperti multieffect processor, ampli simulator, cabinet simulator, dan sebagainya. Sebagai musisi tentunya kita tidak akan lepas dari notasi musik atau di Indonesia yang lebih dikenal sebagai not balok. Kita tentunya tidak asing dengan software pengolah kata seperti Microsoft Word dan pengolah angka Microsoft Excel, pada artikel ini saya akan membahas software pengolah nada (notasi) yang wajib kalian ketahui.


1. Guitar Pro

Jika kalian adalah seorang gitaris yang pernah membaca tabulatur, mungkin software ini tidak asing bagi kalian. Guitar Pro dikembangkan oleh Perusahaan Arobas Music yang dibuat tahun 1997. Selain untuk menulis tabulature, Guitar Pro juga bisa digunakan untuk menulis not balok. Saat ini Guitar Pro sudah mencapai seri ke-7.

2. MuseScore

Software untuk menulis not balok selanjutnya adalah MuseScore yang dikembangkan pada tahun 2002 oleh Werner Schweer seorang software developer. MuseScore merupakan software gratis dan open source seperti linux. Ukuran dari MuseScore cukup kecil sehingga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan kalian. Bagi kalian yang baru memulai karir bermusik dan ingin menulis not balok dengan software, mungkin MuseScore dapat menjadi salah satu software yang harus ada di komputer kalian.

3. Finale

Software Finale adalah salah satu yang tertua. Pengembang pertamanya adalah Phil Farrand yang memulai membuat Finale pada tahun 1988. Berbeda dengan MuseScore, Finale adalah software flagship sehingga kalian harus membelinya. Finale memiliki dua versi yaitu Windows dan MacOS.

4. Encore

Bagi teman-teman pecinta musik klasik, istilah encore pasti sudah tidak asing lagi. Berbeda dengan encore pada istilah musik klasik, Encore (software) adalah sebuah program penulis not balok yang awalnya diciptakan untuk Atari ST Series Computer, namun saat ini Encore sudah dikembangkan pada Windows dan MacOS.

5. Sibelius

Sibelius adalah software untuk mengolah notasi musik yang cukup kompleks. Bahkan Sibelius memiliki soundbank tambahan yang ukurannya bisa mencapai 28GB. Beberapa teman komposer musik klasik sering menggunakan sofware ini sebagai tools untuk mengerjakan komposisi orkestra yang sangat kompleks. Jika kalian beminat untuk menjadi komposer profesional, tidak ada salahnya untuk mempelajari software Sibelius.

Picture source : en.audiofanzine.com