17 August 2018

Perlukah Berlatih Menggunakan Metronome?


Ketika sharing dengan teman sesama musisi, kerap kali mendapatkan pertanyaan penting tidak berlatih menggunakan metronome. Daripada saya harus menjawab berulang kali, artikel ini mungkin akan sangat menjawab. Berikut penjelasannya.

Sebelum kita bahas lebih detail alangkah baiknya kita mengenal apa tu metronome. Metronome merupakan alat untuk membantu kita menentukan tempo. Mengapa butuh alat bantu? karena terkadang sebagai manusia kita bisa lepas kendali menyetabilkan tempo. Satuan untuk menentukan cepat atau lambatnya tempo adalah BPM (Beat Per Minutes).

Sekarang kita bahas ke poinnya. Metronome sangat penting karena akan membantu kalian berlatih sebuah lagu, pola melodi yang memiliki kecepatan tinggi. Saya sering belajar sebuah alur melodi yang memiliki kecepatan tinggi dengan tempo rendah terlebih dahulu. Ketika nantinya sudah lancar pada tempo tertentu, saya akan mencoba menaikkan tempo hingga sesuai lagu aslinya.

Terus seberapa sering kita berlatih menggunakan metronome? Menurut saya tidak harus setiap saat karena ada kalanya kalian harus belajar feel juga.

Pertanyaan yang terkadang agak menggelitik adalah bagus mana antara metronome analog atau digital? Kalau ini tergantung kebutuhan. Jelas metronome analog (fisik seperti gambar diatas) harganya lebih mahal dan sulit dibawa kemana - mana, sedangkan saat ini metronome digital dapat kalian unduh di smartphone kalian.

Jadi menurut pendapat murni saya, belajar menggunakan metronome penting dan menjadi sangat penting buat kalian yang selalu lari dari tempo. Tempo merupakan salah satu unsur musik yang tidak dapat dihilangkan, sehingga jika dari awal kalian kacau dalam mengatur tempo, alhasil akan menjadi sangat kewalahan di kemudian hari. Selamat belajar.