18 July 2023

10 Alat yang Wajib Dimiliki "Bedroom Produser Musik Profesional" di Tahun 2023

  

10 Hal yang Wajib Dimiliki Produser Musik Profesional di Tahun 2023

Terdapat banyak banget benefit hidup di jaman yang serba digital seperti sekarang. Rasanya hampir semua perangkat yang kita gunakan mulai beralih ke digital. Hal yang sama juga dirasakan para musisi, dunia perekaman menjadi sangat mudah berkat kehadiran Digital Audio Workstation, sehingga kita bisa membuat musik dimanapun hanya dengan bermodalkan laptop/komputer dan headphone. Berikut adalah perangkat apa yang wajib dimiliki produser musik profesional di tahun 2023 :


Komputer & OSnya

Ini adalah gears yang wajib kalian punya, baik laptop maupun desktop, baik Windows maupun MacOS tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah bagaimana spesifikasi hardware kalian harus bisa menjawab minimum software requirement system dari software DAW.

Digital Audio Workstation Software

Untuk membuat musik di komputer, kalian wajib menginstall DAW. Apapun DAWnya, yang terpenting adalah bagaimana kalian menguasai semua fiturnya.

Audio Interface

Nah, gears ini fungsinya untuk merekam audio dari luar (instrumen maupun mic). Audio interface yang berkualitas idealnya dapat mengeluarkan suara dari komputer yang lebih baik dari soundcard bawaan komputer.

Microphone

Untuk merekam vokal dan instrumen akustik kalian memerlukan microphone. Idealnya music producer harus memiliki dynamic dan juga condenser microphone. Sesuaikan fitur microphone dengan kebutuhan kalian.

Studio Headphone

Tidak semua headphone memiliki standar untuk editing, sehingga sebaiknya kalian memiliki studio headphone untuk keperluan menganalisa kualitas dan mengedit aransemen musik kalian di DAW.

Studio Speaker (Speaker Flat)

Sama halnya dengan headphone, speaker standar studio wajib kalian miliki untuk keperluan menganalisa hasil perekaman. Headphone tidak bisa menggantikan fungsi speaker, juga sebaliknya. Sehingga gears ini juga sangat disarankan untuk kalian miliki.

Ruangan dengan Perlakuan Akustik (Acoustic Treatment)

Ruang yang ideal untuk membuat musik adalah ruang dengan perlakuan akustik, bukan ruang redam suara. Artinya untuk menganalisa kualitas audio sebaiknya dilakukan di ruangan dengan acoustic treatment yang baik, walaupun dalam membuat musiknya kalian bisa lakukan dimanapun.

MIDI Controller

Ini juga wajib bagi saya, untuk mengerjakan rekaman MIDI Notation memang akan lebih cepat menggunakan gears ini daripada harus klik satu per satu di piano roll.

Instrumen dan Tools Pendukung Lainnya (Opsional Sesuai Keperluan)

Kabel, converter, splitter, gitar, dan lainnya juga wajib kalian lengkapi sesuai dengan kebutuhan ya.

Ilmu dan Jam Terbang (Aransemen, Teori Musik, Audio Engineering)

Terakhir namun yang paling utama yaitu ilmu. Selengkap dan sebaik apapun alat yang kalian punya, imbangi dengan ilmu music production yang berkualitas ya.


 


Buat yang pengen belajar music production, belajar FL Studio, dan belajar mixing mastering seperti di di atas, Join Fisella Music Course - Music Production. Kalian akan belajar produksi musik dari nol dibimbing oleh mentor berkualitas.