02 January 2023

Bikin Musik dengan Smartphone di 2023? Pakai 3 Apps Profesional Ini

 

Bikin Musik dengan Smartphone di 2023? Pakai 3 Apps Profesional Ini

Rekaman audio semakin mudah seiring dengan kemajuan teknologi baik hardware maupun software. Perekaman audio secara analog (fisik) mulai tersisih akibat masuknya perangkat digital seperti komputer. Tidak hanya itu, perusahaan pengembang software perekam dan pengolah audio (Digital Audio Workstation) mengembangkan produknya untuk perangkat yang lebih ringkas seperti laptop bahkan saat ini pada perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Nah kali ini saya akan memberikan dua saran aplikasi pembuat musik untuk smartphone yang bisa kalian pakai :

BandLab

BandLab platform musik berbasis sosial. Disebut demikian karena BandLab dapat dioperasikan melalui smartphone dan browser dengan fitur pertemanan dengan pengguna lain untuk membagi karyamu. Kalian bisa menggunakan BandLab secara gratis untuk memulai pembuatan musik dengan smartphone. Saat ini BandLab tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna Apple.


FL Studio Mobile

Pastinya kalian tidak asing dengan nama produk yang satu ini jika kalian mengikuti perkembangan dunia pembuatan musik secara digital. FL Studio telah merilis produk versi mobile sejak 2011 dan pada 2022 ini FL Studio Mobile telah dikembangkan hingga versi keempat. Pengguna FL Studio Mobile juga bisa membagikan proyeknya kepada pengguna FL Studio versi Desktop. Namun produk ini tidak dibagikan secara gratis, tetapi harganya terbilang terjangkau karena hanya berkisar Rp 40.000an saja dengan pajak. FL Studio tersedia lebih lengkap di Google Play Store untuk pengguna Android, App Store untuk pengguna Apple, Microsoft Store untuk pengguna Windows, dan App Gallery untuk pengguna Huawei.

Soundtrap

Terakhir ada Soundtrap dari Spotify. Jujur saja saya belum pernah menggunakannya, namun saya rasa ini cukup baik jika nantinya komunitas Soundtrap berkembang di Indonesia. Mirip dengan BandLab, Soundtrap juga menawarkan pembuatan musik secara online melalui browser. Terdapat beberapa harga yang ditawarkan Soundtrap yang bisa disesuaikan dengan kantong pengguna.

Nah itu tadi saran aplikasi pembuat musik di smartphone yang bisa kalian gunakan. Kira-kira kamu pilih yang mana ya? BandLab, FL Studio Mobile, atau Soundtrap?


Kursus Produksi Musik atau Kursus Mixing Mastering dari Pemula, Join FisellaMusic Course!

Kursus Mixing Mastering dan Music Production Fisella Music Course