05 December 2022

Menentukan Ukuran Gitar yang Sesuai dengan Usia

  

Membeli Ukuran Gitar yang Sesuai dengan Usia

Halo semuanya, siapa disini yang ingin membeli gitar buat anak, saudara, adik, atau bahkan dirimu sendiri, tapi bingung soal ukurannya? Pada artikel kali ini saya akan bahas secara singkat berbagai macam ukuran gitar sesuai dengan usianya.


Ukuran Gitar

Nah, jika kalian sudah melihat gambar di atas, sebenarnya gitar memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari ukuran penuh hingga ukuran seperempat. Namun ukuran gitar yang lazim kita temukan dipasaran hanyalah gitar ukuran penuh, ukuran tiga per empat, dan setengah.


Menentukan Ukuran yang Pas

Sebagai guru gitar, ada dua cara untuk menentukan ukuran apa yang cocok untuk murid saya. Yang pertama bedasarkan usia, yang kedua berdasarkan tinggi dan panjang jari seseorang. Biasanya gitar ukuran penuh dipakai oleh anak usia 11 tahun ke atas, gitar tiga perempat dipakai anak usia 7-11 tahun, dan gitar ukuran setengah dipakai oleh anak usia 5-7 tahun. Namun alangkah baiknya jika anda atau anak yang akan dibelikan gitar diminta mencoba gitar semua tersebut dan tanyakan mana yang ternyaman. Misal ada anak usia 9 tahun dan merasa gitar ukuran setengah paling nyaman, sarankan untuk minimal menggunakan ukuran tiga perempat, karena kedepannya panjang dan ukuran jari mereka akan berkembang sehingga ukuran setengah menjadi tidak nyaman lagi.


Saran

Saran lain adalah, jika memungkinkan beli 1 size di atasnya, misal anak usia 9 tahun sarankan pakai gitar ukuran full size. Hal ini cukup baik untuk segera menyesuaikan dengan gitar ukuran penuh. Namun ini hanya sekedar saran, tidak untuk dipaksakan.


Pertimbangan Tuning dan Timbre

Perbedaan ukuran menyebabkan perbedaan tuning dan timbre (warna suara) pada gitar. Gitar ukuran full dan tiga perempat dapat dituning standar (EBGDAE), namun gitar ukuran setengah yang disebut juga guitalele (gitar ukuran ukulele) memiliki tuning (AECGDA), bagi pemula hal ini akan membuat kita kesulitan untuk berkolaborasi dengan gitar ukuran standar. Karena rongga akustik gitar setengah, tiga per empat dan penuh berbeda, warna suara yang dihasilkan juga akan berbeda. Gitar ukuran penuh memiliki keseimbangan rentang frekuensi bass, middle dan treble yang lebih baik daripada ukuran lainnya.


Yuk belajar gitar secara online (seluruh Indonesia) atau home service (khusus Yogyakarta) di Fisella Music Course. Belajar gitar mulai dari nol, dibimbing dengan mentor profesiobal dan berkualitas.


Picture by guitarstation.org