17 October 2020

Pembagian Kaum Musisi di Era Yunani Kuno

 

Pembagian Kaum Musisi di Era Yunani Kuno

Era Yunani Kuno Sebagai Permulaan Musik Barat

Pernahkah kalian berpikir kapan musik yang saat ini kita dengar ditemukan oleh manusia? Jika kalian pernah bertanya demikian maka jawaban mengerucut pada sebuah era yang disebut Era Yunani Kuno. Tentu jika kita berbicara musik Era Yunani Kuno maka yang dimaksud adalah Musik Barat beserta perkembangannya. Lalu benarkah mula-mula musik ditemukan pada era ini? Dalam buku Sejarah Musik 1 karya Dr. Rhoderick J. Mcneill tertulis bahwa banyak musikolog yang ragu karena hanya ditemukan 12 naskah musik asli, itupun ditulis beberapa abad setelah kejayaan Yunani Kuno, namun jika dilihat lebih jauh ke arah pengaruh pada era selanjutnya (Abad Pertengahan dan Renaisans), maka Kebudayaan Yunani Kuno memberikan peran penting dalam perkembangan pada dua era tersebut.


Aristoteles (384-322 SM) Sebagai Salah Satu Pemikir Musik di Era Yunani Kuno

Dalam artikel ini saya tidak perlu panjang lebar menceritakan biografi Aristoteles. Informasi yang perlu diketahui adalah Aristoteles merupakan salah satu Filsuf Yunani Kuno yang juga membahas musik dalam teori-teorinya. Bersama Filsuf lain seperti Phytagoras, Socrates, serta Plato, Aristoteles melahirkan pemikiran-pemikiran di bidang musik yang menjadi kiblat pada era Abad Pertengahan dan Renaisans. Aristoteles juga merupakan seorang Filsuf yang melahirkan pemikir hebat bidang musik lainnya, salah satunya Aristoxenos (354-300 SM).


Pembagian Kaum Musisi menurut Aristoxenos, Murid Aristoteles

Sebagai manusia berpikir, saya pernah menggolongkan orang yang berkarya di bidang musik menurut pendekatan empiris saya. Namun pemikiran demikian ternyata sudah ada sejak 2300 tahun lalu. Aristoxenos membagi kaum musisi pada Era Yunani Kuno ke dalam dua golongan, antara lain :

  • Organokoi : golongan praktisi musik seperti komposer, pemain musik.
  • Harmonikoi : golongan para sarjana musik yang dekat dengan ilmu pengetahuan musik. Pada kategori ini terbagi atas dua golongan lagi yaitu Ksnonikoi yaitu kelompok yang memandang musik merupakan ilmu pasti dan Musikoi yaitu kelompok yang memandang musik berdasar pada perasaan, indera pendengar, dan pengalaman manusia.