30 May 2020

Pedal Tube Screamer


Pedal Tube Screamer dan Sejarahnya peterdevriesguitar

Sebagai seorang gitaris siapa yang tidak mengenal pedal overdrive yang satu ini. Bahkan beberapa gitaris besar dalam dan luar negeri menggunakan pedal ini sebagai salah satu pedal andalan mereka. Bagi kalian yang belum tahu apa itu pedal overdrive silahkan baca artikel Overdrive dan Distorsi, Apa Bedanya?.

Desain pertama dari Tube Screamer dirancang oleh seorang engineer dari Jepang bernama Susumu Tamura pemilik perusahaan Maxon. Nama Tube Screamer semakin besar setelah pedal ini digunakan oleh Steve Ray Vaighan dan Eric Johnson. Pedal ini kemudian menjadi kiblat para pengembang pedal di dunia, bahkan tidak sedikit yang mengusung arsitektur dari karakter Tube Screamer.

Dari mana nama Tube Screamer muncul?


Dilansir dari guitarplayer.com ide nama Tube Screamer bermula saat Tamura dan tim mengunjungi Sam Ash Music di West 48th Street, Manhattan, dan berbicara dengan Richard Ash. Kemudian Richard meminta Tamura berbicara dengan Sammy karena dirasa Sammy memiliki pengalaman yang lebih dalam mendengarkan pedal gitar. Saat Sammy diminta mengevaluasi prototype tersebut, tiba-tiba terdengar suara teriakan. Sammy bertanya, "Apkah kamu tahu bagaimana pedal Cry Baby mendapatkan namanya?" "Ya," kata Tamura, "kedengarannya seperti bayi yang menangis." Sammy menjawab, "Ini terdengar seperti amplifier tabung yang menjerit". Kemudian ketika Maxon OD808 Overdrive Pro lahir, overdrive Ibanez dinamai TS808 Tube Screamer Overdrive Pro.

Aspek keberhasilan tone Tube Screamer


Tube Screamer dianggap sebagai pedal overdrive yang sukses karena keberhasilannya dalam memberikan tone overdrive yang paling halus dan paling responsif di dunia dengan hanya tiga kontrol dasar - Level, Tone, dan Overdrive. Aspek lain yang membuat Tube Screamer memperoleh reputasi baik adalah mid-range punch yang dapat didengar jelas ketika gitaris memberikan aksen dalam permainannya. Fitur utama dari Tube Screamer yang membuatnya cocok dikombinasikan dengan amplifier tabung yang menghasilkan suara gain yang lebih.

Tidak berhenti mengeksplorasi


Hingga saat ini, memalui Ibanez, Tube Screamer tetap mengembangkan kualitasnya. Tidak hanya berhenti pada karakter vintage namun pendekatan musik modern yang dinamis pun mereka lakukan eksplorasi. Terlihat pada NTS Nu Tube Screamer yairu salah satu penemuan terbaru Ibanez yang menawarkan tone baru yang serupa dengan perangkat musik yang berbasis tabung lainnya.