19 October 2018

Perbedaan Figure dan Motive dalam Musik | Teori Bentuk Musik



Sebagai praktisi musik saya sering menuliskan artikel musik dengan sudut pandang yang sangat subyektif. Kali ini saya mencoba untuk memberanikan diri untuk membagikan ilmu musik dari kacamata ilmiah dari sumber yang terpercaya. Pada artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan figure dan motive dalam teori musik. Berikut penjelasannya.


Pengertian Figure
Dalam buku Structure & Style the Study and Analysis of Musical Form oleh Leon Stein, dijelaskan bahwa figure merupakan unit terkecil dalam konstruksi musik yang terdiri dari paling sedikit satu karakter ritmik dan satu karakter interval.

Pengertian Motives
Dari sumber yang sama dikatakan bahwa pengertian motive sering tumpang tindih dengan figure. Namun Leon Stein menjelaskan bahwa motives merupakan kumpulan dari minimal dua figure yang mana motif merupakan unsur yang menggambarkan tema.

Sehingga dapat disimpulkan secara sederhana bahwa menurut Leon Stein, kumpulan nada membentuk figure, dan kumpulan figure membentuk motives.

Saya mendapat tambahan informasi tentang perbedaan figure dan motive sebuah halaman website yang membahas teori musik dengan cukup detail bahwa menurut filsuf estetika Roger Scruton, yang, menggunakan metafora visual, menunjukkan bahwa motif adalah "latar depan" (sangat penting dalam sebuah karya) sementara figur adalah "latar belakang" (yang kurang begitu penting). Untuk lebih jelas contoh perbedaan figure dan motive kalian bisa melihat contohnya di halaman berikut.

Sumber :
Structure Style the Study and Analisys of Musical Form (Leon Stein)
www.portlandpianolab.com