18 August 2018

Mengenal 3 Tangga Nada Diminished

Mengenal 3 Tangga Nada Diminished Whole Half Diminished Half Diminished


Balik lagi ke pembahasan tangga nada, kali ini tangga nada yang akan saya bahas adalah diminished scale atau tangga nada diminished. Tangga nada ini mungkin kurang familiar di telinga kalian yang baru belajar gitar. Tapi tidak ada salahnya kalian belajar tangga nada ini untuk memperluas kalimat nada (lick) kalian. Mari kita bahas.

Secara teori, dimineshed scale masuk dalam katogori symetrical scale. Apa itu? Menurut wikipedia symetrical scale merupakan sebuah skala yang membagi 1 oktaf dengan interval yang sama. Nah daripada membahas banyak teori yang begitu luas, kita akan bahas symetrical scale yang lain di artikel lainnya. Sekarang kita bahas 3 jenis diminished scale yaitu whole half diminished scale, half whole diminished scale dan diminished scale. Berikut adalah penjelasannya :


1. Diminished Scale

Diminished scale memiliki interval yang tetap yaitu 1.5 (satu setengah). Misal kita memainkan A diminished scale maka susunan nadanya adalah A - C - D# - F# - A. Jika diperhatikan dengan teliti jarak A ke C, C ke D#, D# ke F#, dan F# ke A memiliki interval yang sama yaitu 1.5 (satu setengah).

2. Whole Half Diminished Scale

Berbeda dengan diminished scale, whole half diminished scale memiliki interval 1 - 0.5 - 1 - 0.5 - 1 - 0.5 - 1 - 0.5. Misal kita bermain A whole half diminished scale maka susunan nadanya adalah A - B - C - D - D# - F - F# - G# - A.

3. Half Whole Diminished Scale

Berkebalikan dengan whole half diminished scale, half whole diminished scale memiliki interval 0.5 - 1 - 0.5 - 1 - 0.5 - 1 - 0.5 - 1. Misal kita bermain A half whole diminished scale maka susunan nadanya adalah A - A# - C - C# - D - E - F# - G - A.

Demikian penjelasan singkatnya. untuk yang masih bingung coba cerna baik baik detail penjelasan diatas ya. Selamat belajar.