20 August 2018

Istilah "Pitch Perfect" Dalam Musik

pitch perfect peter de vries guitar

Apa yang kalian bayangkan jika kalian mendengar kata "pitch perfect"? Sekian banyak orang yang saya lontarkan pertanyaan ini rata - rata menjawab "pitch perfect" adalah judul film. Jelas tidak salah apalagi film Pitch Perfect telah berhasil merilis triloginya dan sangat mengundang perhatian penonton. Sebenarnya istilah ini sudah ada jauh sebelum film ini tayang. Mau tau apa itu pitch perfect? Mari kita bahas.
Dalam Bahasa Indonesia pitch perfect disebut tala mutlak. Menurut wikipedia tala mutlak adalah kemampuan untuk mengenal suatu nada tanpa menggunakan bantuan nada rujukan (sesuai dengan tuning nada internasional). Seseorang yang memiliki tala mutlak bisa menamai nada yang dia dengar tanpa membutuhkan piano atau garpu tala. Bahkan mereka bisa tahu nada klakson mobil.


Pertanyaannya apakah semua musisi memiliki kemampuan ini? Jawabannya tidak. Hanya orang tertentu saja yang memiliki kemampuan ini. Mengapa? Karena telinga tidak bisa menyimpan lebih lama rangsangan ke dalam bentuk memori.

Sebuah video dari Rick Beato pernah menjelaskan bahwa ada faktor genetik yang membuat seseorang memiliki tala mutlak, tetapi tidak menutup kemungkinan seseorang dapat mempelajarinya.

Bagaimana cara mempelajarinya? Jujur saya pun juga tidak memiliki kemampuan ini. Harapan saya, kemampuan tala mutlak segera saya kuasai. Jadi saya tidak mampu menjawabnya. Tetapi beberapa website yang saya temui memiliki kurikulum untuk mengajar tala mutlak kepada siapapun. Coba deh kalian browsing sendiri.

Buat kalian yang memiliki kemampuan tala mutlak, kalian adalah orang yang sangat beruntung karena kemungkinan hanya ada 1% populasinya di dunia.

Demikian pembahasan singkat mengenai pitch perfect. Keep rockin.