11 August 2018

Lanjut Kuliah Musik? Berikut Hal Wajib yang Kalian Harus Kuasai

memutuskan lanjut kuliah musik berikut hal yang wajib kalian kuasai


Memutuskan untuk studi lanjut merupakan keinginan terbesar anak - anak lulusan SMA/SMK agar nantinya masa depan mereka terjamin karena adanya pengakuan akademis dari perguruan tinggi. Tak jarang dari mereka memutuskan mengambil jurusan sesuai dengan hobi dan bakat mereka salah satunya musik. Berikut adalah hal - hal yang wajib kalian kuasai sebelum lanjut kuliah musik.

1. Membaca dan Menulis Not Balok

memutuskan lanjut kuliah musik berikut hal yang wajib kalian kuasai

Persiapkanlah diri kalian dengan membiasakan diri terhadap not balok karena nantinya ketika kuliah musik, not balok akan jadi makanan kalian setiap hari. Membaca dan menulis not balok bukanlah hal sulit karena yang dibutuhkan hanyalah ketekunan dan konsistensi. Lakukan setiap hari seperti kalian belajar membaca dan menulis alfabet agar menjadi hal yang lumrah.

2. Chord & Notation Identification



Mendengarkan dan menganalisa nada dan/atau akor adalah kebiasaan yang akan sering kalian temui pada saat kalian belajar musik di bangku kuliah. Melatih kemampuan mendengar akan sangat membantu karena kalian akan menemui nada atau akor yang bisa kalian curi dari pemain lain. Latih dari sekarang kemampuan mendengar kalian.

3. Panggung

memutuskan lanjut kuliah musik berikut hal yang wajib kalian kuasai

Panggung akan menjadi hal yang biasa jika kalian sudah menjalani aktivitas kuliah musik. Buat kalian yang memiliki demam panggung mulailah berlatih untuk mengontrolnya karena kurang lebih 8 semester (normalnya anak kuliah S1) kalian akan diperhadapkan dengan panggung dan penonton.

4. Pertemanan

memutuskan lanjut kuliah musik berikut hal yang wajib kalian kuasai

Hal - hal seperti ujian ensembel, solo concert merupakan makanan anak jurusan musik. Kalian wajib membangun pertemanan yang baik dan luas karena ketika melakukan penyajian musik, support dari teman baik sebagai penonton atau seksi bantu - bantu di panggung sangat dibutuhkan. Kuliah musik tidak hanya membangun kemampuan bermusik kita namun juga memperluas pertemanan kita. Jangan sia - siakan kesempatan saat kalian studi musik karena nantinya ketika kalian lulus, teman - teman kuliah kalianlah yang akan menjadi supporter dalam karir musikmu.

Ketika saya menulis artikel ini saya memang belum memulai kuliah musik. Informasi ini saya dapatkan ketika sharing dengan senior musik di kampus tempat saya akan belajar tanggal 27 Agustus 2018 besok. Tetap semangat dan selamat berlatih.