15 August 2018

Kenali Bakat Minat Musik Anak Anda Sejak Dini

Kenali Bakat Musik Anak Anda Sejak Dini

Bermain musik bagi sebagian orang adalah hal yang mengasikan terutama untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Tahukah kalian jika dalam kehidupan sehari - hari sering kita dengar bahwa ada seseorang memiliki bakat bermusik? Sebenarnya bakat dan minat bermusik seseorang dapat dideteksi sejak dini. Berikut adalah tanda - tanda bakat minat musik pada anak yang wajib kalian kenali.

1. Suka Bernyanyi

Kenali Bakat Musik Anak Anda Sejak Dini

Anak - anak yang memiliki bakat dan minat bermusik, cenderung suka menirukan lagu yang dia dengar. Terkadang mereka dengan lepas dapat bernyanyi dimanapun tempatnya tanpa menghiraukan keadaan sekitar. Jika kalian mengetahui bahwa anak anda sangat menyukai bernyanyi, berilah support padanya dan jika dia tiba - tiba menyanyi di tempat yang kurang etis, jangan langsung dimarahi ya,  berikan masukan dengan halus.

2. Responsif Terhadap Nada

Kenali Bakat Musik Anak Anda Sejak Dini

Anak yang memiliki minat tinggi terhadap musik akan sangat responsif terhadap nada ataupun lagu kegemarannya. Tak jarang mereka akan berlari mencari sumber suara hanya untuk mendengarkan nada kesukaannya itu. Biasanya mereka akan sangat pro aktif dengan melakukan goyangan badan bahkan menirukan gaya khas dari sang artis.

3. Berisik

Kenali Bakat Musik Anak Anda Sejak Dini

Bermusik merupakan hal yang sangat mengganggu bagi sebagian orang yang tidak menyukai musik. Tahukah anda jika rata - rata anak yang memiliki minat dan bakat bermusik berawal dari melakukan hal berisik seperti memukul - mukul meja, memainkan kaki, bertepuk tangan, bersiul dan lain sebagainya. Jika kalian menemukan hal serupa, arahkan dengan baik ke instrumen yang disukainya.

4. Tidak Buta Nada

Kenali Bakat Musik Anak Anda Sejak Dini

Pada tahap menengah anak yang sudah paham terhadap musik biasanya dapat melantunkan lagu in line dengan nada dasarnya alias tidak fals. Mereka dapat membedakan mana orang yang fals dan yang tidak. Mereka akan sangat terganggu dengan orang yang bernyanyi fals.

5. Tertarik Terhadap Alat Musik

Kenali Bakat Musik Anak Anda Sejak Dini

Ketika melihat instrumen musik seperti piano, drum dan lainnya anak yang memiliki bakat dan minat bermusik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, walaupun belum bisa memainkannya, mereka akan mencoba untuk membunyikannya tanpa menghiraukan keadaan sekitar.

Kelima contoh diatas merupakan tanda - tanda bakat minat bermusik anak yang dapat dikenali. Apakah anak anda memiliki tanda diatas? Jangan lupa untuk membaca artikel serupa Memilih Instrumen Musik yang Tepat untuk Anak. Selamat mendidik.