13 August 2018

Gitaris Punya Banyak Gitar? Ini Alasannya

Gitaris Punya Banyak Gitar Ini Alasannya

Berbeda dengan pemain instrumen lainnya, sadar atau tidak gitaris biasanya memiliki gitar lebih dari satu. Bagi orang awam mungkin hal ini dianggap boros bahkan ada yang mengatakan pamer. Pada artikel ini saya akan menjelaskan apa alasan gitaris punya banyak gitar menurut sudut pandang saya.


1. Beda Gitar Beda Fungsi

Gitaris Punya Banyak Gitar Ini Alasannya

Sama seperti montir setiap kunci yang sekilas sama memiliki fungsinya masing - masing sesuai bentuk dan ukurannya, begitu juga gitar. Mungkin sekilas semua gitar nampak sama, namun ada perbedaan fungsi dari tiap gitar. Coba kalian perhatikan perbedaan antara gitar elektrik, gitar klasik nylon dan akustik string. Setiap panggung dan event tertentu juga membutuhkan gitar yang berbeda pula. Jadi, perbedaan fungsi gitar adalah alasan pertama mengapa gitaris punya banyak gitar.

2. Beda Gitar Beda Karakter Suara

Gitaris Punya Banyak Gitar Ini Alasannya

Perhatikan 4 gitar diatas, sama - sama gitar elektrik bukan? Nah, alasan kedua gitaris punya banyak gitar adalah karakter suara yang dihasilkan oleh tiap gitar sangatlah berbeda dan unik. Pada gitar elektrik perbedaan karakter suara dipengaruhi dari bentuk gitar, jenis kayu, arsitektur gitar, konfigurasi pickup, jenis pickup, potensio dan masih banyak lagi. Dalam sesi rekaman biasanya gitaris memerlukan karakter sesuai dengan apa yang diinginkan produser atau penyanyi sehingga gitaris biasanya akan memilih gitar sesuai dengan karakter suara yang dibutuhkan.

3. Butuh Gitar Cadangan


Saking kompleksnya, instrumen gitar terutama gitar elektrik terkadang menjadi sangat rumit dalam segi mantenance. Bagaimana tidak, beberapa gitar elektrik yang memiliki floating tremolo terkadang bisa berubah posisi jika jarang dipakai, neck terkadang sedikit melengkung dan butuh di setting ulang dan banyak faktor lainnya yang membuat gitaris harus siap dengan gitar cadangan. Bahkan beberapa profesional gitaris membawa lebih dari 1 gitar saat manggung untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan ketika ada perubahan kondisi gitar yang dipakai. Jika gitar utama bermasalah dan ada gitar cadangan ya tinggal switch aja.

Itu tadi sedikit alasan mengapa gitaris punya banyak gitar ya, kadang - kadang gitaris yang cukup uang memang suka mengoleksi gitar, kalau alasannya koleksi ya bagaimana lagi, namanya juga hobi. Selamat berlatih