21 August 2018

Benarkah Semua Gitaris Bisa Ngebass?

benarkah semua gitaris bisa main bass peter de vries guitar


Sebagai gitaris seringkah kalian mendapat statement bahwa gitaris bisa main bass tapi bassis tidak bisa main gitar? Artikel ini akan membahas antara opini orang awam dengan fakta yang terjadi. Mari kita bahas.

Sejatinya bass (gitar bass elektrik) dan gitar merupakan rumpun alat musik dawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Perbedaannya hanya pada timbrenya (timbre pada gitar dalam arti jenis senar yang mempengaruhi kualitas suara).


Secara fungsional kedua instrumen ini memiliki fungsi yang berbeda dimana gitar pada umumnya gitar memiliki range frekuensi dari mid hingga high sedangkan bass memiliki range frekuensi dari low hingga mid. Sehingga bass lebih digunakan untuk menyeimbangkan frekuensi low dalam sebuah band.

Tangga nada pada gitar dan bass memiliki pola yang sama namun perbedaan tekniklah yang membuat keduanya berbeda. Dari segi memetik, strum dan banyak hal memiliki perbedaan yang cukup signifikan sehingga tidak dapat disimpulkan semua gitaris dapat memainkan bass dengan leluasa.

Sekali lagi saya tekankan bahwa opini yang beredar adalah salah. Tidak semua pemain gitar mampu memainkan instrumen bass karena banyak faktor terutama dari sisi teknik dan arsitektur instrumen yang berbeda. Jadi jika ditanya apakah semua gitaris dapat bermain bass? Tentu kalian punya pandangan yang mungkin sama atau justru berbeda. Selamat berlatih