10 August 2018

Basic Fingerstyle Untuk Pemula yang Wajib Kalian Tahu



Fingerstyle adalah salah satu aliran musik yang belakangan ini sangat digemari anak - anak muda. Dari Andy Mckee, Sungha Jung, Jubing Kristianto dan gitaris lainnya menjadi sangat populer dan tak kalah dengan kepopuleran gitaris elektrik. Buat kalian yang baru belajar gitar akustik, berikut adalah hal basic yang harus kalian tahu dalam mempelajari fingerstyle.

1. Bass Line
Bass line adalah alur bass dalam permainan alat musik, pada gitar bass line diwakilkan dalam senar 6 hingga 4. Banyak hal yang bisa kalian pelajari dalam pembentukan pola bass. Coba kalian belajar dari pola bass yang sederhana seperti C, G, C, G, G, D, G, D. Untuk variasi bass line bisa kalian browsing pada youtube sesuai dengan kesukaan kalian.

2. Apoyando dan Tirando
Apoyando dan tirando merupakan teknik memetik gitar. Teknik ini merupakan teknik yang dipakai gitaris klasik. Nah, kalian harus menguasai 2 teknik ini karena keduanya memang menjadi dasar dalam memetik gitar.

3. Open D Tuning
Seperti yang diketahui, tuning yang biasa kita gunakan dalam bermain gitar adalah E B G D A E. Beberapa gitaris fingerstyle menggunakan tuning open D dengan susunan D A F# D A D. Mungkin kalian harus menyesuaikan beberapa posisi chord yang baru dan sangat jarang diketahui gitaris awam. Mulailah belajar tuning open D agar kalian tidak kaget ketika melihat gitaris fingerstyle membawakan komposisi dengan tuning open D.

4. Percusive Style
Merupakan teknik untuk menciptakan ketukan berupa stroke namun dalam instrumen gitar akustik. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara melakukan struming ghost note atau memukul body gitar. Beberapa gitar akustik untuk fingerstyle dirancang agar saat dipukul bodynya dapat menghasilkan suara layaknya cajon. Sebagai pemula kalian tidak harus membeli atau membuat gitar seperti ini, karena harganya pasti mahal. Berlatihlah dengan gitar yang kalian miliki dengan mempelajari konsepnya. Nantinya jika kalian sudah mahir, upgradelah gitar kalian sesuai dengan kebutuhan.

Demikian penjelasan saya mengenai basic fingerstyle untuk pemula. Selamat belajar.