13 July 2018

Tips Lancar Membaca Not Balok


Seberapa penting sih membaca not balok bagi seorang musisi? Kalau menurut saya relatif, mengapa? karena setiap orang memiliki tujuan berbeda saat dirinya memilih jalan bermusik, ada yang hanya ingin sekedar bisa, mau jadi anak band, guru, hingga seorang pakar.

Kembali lagi ke tujuanmu, jika tujuanmu hanya sekedar ingin bermain musik dan mengisi luang, mungkin membaca not balok tidaklah aspek utama yang harus kalian pelajari. Lain halnya jika kita memilih untuk menjadi guru, profesional, pakar, bahkan anak band sekalipun, membaca not balok merupakan aspek yang sangat diperhitungkan. Berikut adalah tips agar lancar membaca not balok.

SKILL

1. Mengenali Nada
Sebelum kalian membaca not balok yang sudah berbentuk lagu, alangkah baiknya kalian harus hafal nama - nama not sesuai dengan letaknya. Mengenal nada dan letaknya tidaklah sulit, karena nada internasional hanya ada 12 nada (C-C#-D-D#-E-F-F#-G-G#-A-A#-B), sedangkan kita dari kecil mampu menghafalkan 26 alfabet, ratusan simbol serta emoticon dan emoji yang jumlahnya terus bertambah setiap jamannya. So, hafalkan, cuma 12 kok.

2. Mengenali Ritmik


Setelah hafal nama not dan letaknya pada garis birama, sekarang kalian harus tau ritmik, dimana dalam not balok ritmik di tulis dalam bentuk not penuh, not setengah, not seperempat, not seperenam belas, dan nor sepertiga dua. Pelajari nilai ritmik sebuah nada atau tanda istirahat secara bertahap dari not penuh hingga sepertiga dua.

3. Temukan Nada Pada Instrumenmu


Setelah kalian tahu nama nada pada garis birama, ritmiknya seperti apa, terapkan pada instrumenmu. Contohnya jika kalian bermain gitar, kalian akan bermain not C pada senar 5 fret 3. Beda halnya dengan instrumen lain seperti piano dan harpa.

TIPS

1. Baca Setiap Hari


Logikanya, membaca not balok sama seperti kita membaca alfabet dimana sejak Taman Kanak - Kanak hingga sekarang setiap harinya kita melihat hurut dan mempraktekannya merangkai kata, kalimat hingga paragraf. Latihlah membaca not balok setiap hari, minimal 4 hingga 16 bar sehari.

2. Membaca dengan 2 Cara (Sight Reading dan Decoding)


Untuk memperlancar membaca not balokmu, latihlah dengan 2 cara membaca, yang pertama adalah sight reading, dimana kalian membaca sambil memainkan intrumen secara bersamaan dan tidak terputus. Cara ini sedikit rumit, tapi latih saja membaca yang sederhana dulu nantinya kalian akan naik level jika konsisten berlatih. Teknik yang kedua adalah decoding, dimana cara ini sangat efektif jika kita disuruh untuk mempelajari lagu dengan notasi yang kompleks, caranya dengan memahami not dan ritmik bar per bar dan menghafalnya, cara kedua ini tidaklah salah tetapi sebaiknya imbangi juga dengan latihan sight reading ya.

3. Transcribing


Transcribing adalah sebuah cara belajar membaca not balok yang efektif, dimana kita menuliskan sebuah nada yang kita dengar ke media tulis yang ada. Semakin sering kita melakukan transcribing, otak kita dengan sendirinya akan melatih kepekaan kita dalam membaca partitur not balok.

Oke, sekian tips sederhana agar lancar membaca not balok. Selamat berlatih.