23 July 2018

Mengetahui Nada Dasar Dalam Partitur dengan Metode Circle of Fifths or Fourths


Circle of Fitfhs atau circle of Fourths merupakan sebuah ilmu teori yang pasti kalian dapatkan jika kalian mengenyam pendidikan musik secara formal. Ini merupakan sebuah hubungan yang menjelaskan keterkaitan antara 12 not kromatis yang nantinya dapat menjelaskan tentang "key signature" hubungan dengan akor mayor dan minor. Berikut adalah penjelasan tentang Circle of Fifths/Fourths.
Pada diagram diatas dapat dilihat bahwa terdapat 12 nada yang jika diurutkan searah dengan jarum jam maka urutannya adalah C - G - D - A - E - B - F# - C# - Ab - Eb - Bb - F. Urutan searah dengan jarum jam ini adalah Circle of FIfths dimana kita bisa paparkan bahwa urutan tersebut konstan dimana nada yang ada di sebelah kanannya merupakan sol. Contoh C, disebelah kanan C adalah nada G, yang mana G adalah sol dari C. Pada posisi G, disebelah kanannya terdapat nada D dimana D adalah sol dari G. Ini berlaku untuk urutan selanjutnya. Fungsi yang paling jelas untuk mempelajari circle of fifth adalah untuk mengetahui dengan cepat key signature pada sebuah repertoar not balok. Pada diagram dijelaskan bahwa nada dasar C tidak ada satpun not yang di kres atau mol, sedangkan pada nada dasar G terdapat 1 not yang di kres yaitu F# sehingga pada garis paranada F terdapat tanda # (kres/sharp). Sehingga dapat disimpulkan dengan cepat bahwa C (tanpa kres), G (1 kres), D (2 kres), A (3 kres) dan seterusnya. Jadi yang paling utama kalian hafalkan dulu urutan circle of fifth dan ketika kalian melihat tanda kres pada garis paranada tinggal kalian hitung saja berapa kresnya. Misal ada 4 kres jadi nada dasarnya adalah E.

Sama halnya dengan Circle of Fifths, Circle of Fourths pada diagram urutannya berlawanan dengan arah jarum jam. Urutannya adalah C - F - Bb - Eb - Ab - Dd - Gb - B - E - A - D - G - C tetapi nada yang berposisi di sebelah kanannya adalah fa. Contoh, jika sesuai urutan Circlle of Fourth disebelah kanan C adalah F dimana F adalah fa dari C, pada posisi F disebelah kanannya terdapat nada Bb dimana Bb merupakan fa dari F dan sebelumnya. Berbeda dengan Circle of Fifths, pada Circle of Fourths garis paranada ditulis dengan b (mol) sehingga C (tanpa mol), F (1 mol), Bb (2 mol) dan seterusnya.

Sekian penjelasan singkat bagaimana kalian bisa mengetahui nada dasar dalam partitur menggunakan metode Circle of Fifths or Fourths. Selamat belajar.