28 July 2018

Basic Ear Training Bagi Pemula


Ear training merupakan sebuah latihan yang tidak kalah penting bagi seorang musisi tak terkecuali gitaris. Salah satu dampak positif musisi yang sering melakukan ear training adalah mampu mengidentifikasi nada, chord, ritmik, dll tanpa harus memegang instrumen.
Berikut adalah Basic Ear Training bagi pemula.

1. Rhytm Identification


Rhytm (english)/Ritme (bahasa) berasal dari bahasa Yunani ῥυθμός dibaca rhythmos. Menurut kamus besar wikipedia ritme berarti suatu ukuran gerakan yang simetris yang terbentuk dari suara dan diam (istirahat). Suara dan diam tersebut digabungkan untuk membentuk pola suara yang berulang untuk membuat ritme. Ritme memiliki tempo yang teratur, namun dapat memiliki bermacam-macam jenis. Dalam musik secara visual ritme dilambangkan dengan not balok seperti gambar dibawah.


Hal yang paling utama dalam ear training adalah mengidentifikasi ritme dari sebuah nada dan dituliskan dalam simbol notasi dan tanda istirahat. Mulailah mengidentifikasi sebuah ritme dari lagu, atau melodi sederhana.

2. Note Identification


Setelah dapat membedakan ritme langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi sebuah nada. Sering - seringlah berlatih solfegio agar mempercepat proses belajar. Kemudian lakukan identifikasi nada dalam sebuah lagu sederhana dengan menyanyikan nama nadanya (contoh lagu ibu kita kartini : do do sol sol la la sol.....).

3. Major, Minor & Diminished Identification


Nah, setelah kalian dapat mengidentifikasi sebuah nada, sekarang saatnya menebak sebuah chord apakah mayor minor atau diminished. Coba kalian rasakan perbedaan C Mayor (C - E - G), C Minor (C - Eb - G) dan C Diminished (C - Eb - Gb) ulangi terus sampai kalian bisa membedakannya.

4. Chord Progression Identification



Poin terakhir yang tidak kalah penting yaitu mengidentifikasi progresi chord (kumpulan chord). Biasanya kalian hanya bisa menyebutkan Do, Re Mi, Fa, Sol, La, Si saja. Misalnya ketika kalian mendengarkan intro dari lagu Citra Skolastika - Pasti Bisa. Kalian akan menyebutkan bahwa progressinya adalah Re Minor . . . | Sol Mayor . . . | Do Mayor . . . | La Mayor . . . atau II . . . | V . . . | I . . . | VI Mayor . . ., buat kalian yang bertanya loh kok pas La ditulis mayor? kenapa tidak yang lain seperti Re, Do dan Sol tidak disebut Mayor atau Minor. Sejatinya La itu memiliki sifat minor tetapi karena memiliki anomali makanya ditambahkan penjelasan bahwa La Mayor. Sedangkan Re, Sol dan Do normal dimana Re bersifat Minorsedangkan Do dan Sol bersifat Mayor. Untuk kalian yang masih bingung bisa kalian lihat tabelnya di artikel Tips Bermain Gitar : Mengganti Nada Dasar Sebuah Lagu perhatikan pada keterangan tabel.

Sekian penjelasan saya tentang basic ear training untuk pemula. Selamat berlatih.