11 January 2018

Servis Efek Line 6 POD, Dimana?


Halo sob, kali ini ane mau sharing pengalaman tentang efek Line 6 POD HD500 ane yang rusak.  Jadi gini sob sedikit cerita ya, ane beli multieffect ini tahun 2014 (bekas). Waktu beli sih aman – aman aja, tapi seiring dengan pemakaian, potensio nomor 1 dibawah layar LCD dan button kanan rusak. Mungkin untuk sebagian gitaris kamaran nggak jadi masalah karena permasalahan ini bisa dibantu dengan software “POD HD500 edit”, tapi bagi ane yang biasa dengan setting-an  panggung, masalah ini serius sob.

Beberapa bulan ane diemin aja, tapi lama – lama kesel juga sih. Akhirnya ane coba untuk browsing barangkali ada yang bisa servis efek ini. Hasilnya? ZONK!!! Nggak ada satupun situs yang menunjukan adanya tukang servis efek ini. Oke ane nggak nyerah, ane coba untuk menghubungi beberapa temen gitaris di Semarang, Jogja, Surabaya dan Jakarta, mereka juga nggak tau.  Akhirnya ane buka Facebook dan nyari akun official Line 6 Indonesia dan ternyata ada. Tanpa basa – basi ane langsung private chat dan selang beberapa hari dibalas bahwa hubungi saja nomor telepon 021-5202577/78 di Yamaha Musik Indonesia sebagai distributor resmi Line 6.

Ane langsung telepon ke nomor itu dan disambungkan ke bagian servis bahwa datang aja ke Yamaha Music Building Center di Semanggi (Sebelah Hotel Crowne) buka Senin – Jumat jam 08:00 – 16:00WIB. Tanggal 7 Agustus 2017 ane berangkat kesana dan langsung ke bagian Service Center (letaknya di belakang terpisah dengan gedung utama). Disitu POD HD500 ane mulai diperiksa dan dijelaskan bahwa jika masih garansi seluruh spare part dan biaya servis gratis, dan jika sudah tidak garansi ane harus membayar biaya spare part dan biaya servis. Pihak Service Center juga menjelaskan jika efek sudah masuk dan ane membatalkan, ane harus bayar biaya pembatalan sebesar Rp 200.000.

Akhirnya ane putusin untuk masukin efek tersebut untuk diperiksa dan di servis. Pihak service center pun menyatakan jika harus memesan spare part dibutuhkan waktu  yag cukup lama yang tidak bisa diprediksi kapan selesainya, tetapi jika hanya servis kemungkinan jauh lebih cepat tergantung berapa banyak antrian yang ada di tanggal itu. Setelah itu kita dibuatkan bukti serah terima barang yang nantinya harus dibawa saat pengambilan.

Tanggal 28 September 2017 ane coba buat hubungi pihak service center karena sudah lebih dari sebulan nggak ada kabar. Ternyata ane dikabarin kalau efek ane udah kelar dan nggak perlu ganti spare part. Tanpa pikir panjang tanggal 29 September 2017 ane langsung ke Yamaha Music Building Center buat ngambil efek itu sob. Sesampainya disana ane langsung disodorkan total biaya servisnya sebesar Rp 250.000. Setelah itu ane cek supaya meyakinkan kalau kondisinya sudah normal dan hasilnya 100% sehat.

Ok segini dulu informasi buat temen – temen gitaris, semoga penyakit yang ada di multieffect POD kalian bisa segera pulih. Keep jreeeng guitarist!