30 March 2017

5 Tips Belajar Gitar untuk Pemula



"Sob, ane baru belajar gitar nih, ada tips biar cepet lancar gak?", Pertanyaan default yang sering ane dapet dari banyak temen selama ini. Hmmm, sejenak ane mikir kalau sebenarnya nggak ada ilmu yang instan, tapi karena ane temen yang baik dan nggak pengen membuat temen ane berpikir kalau bermain gitar itu susah ane selalu jawab sederhana,"Oh jelas ada tipsnya dong". Nah kali ini ane share 7 tips buat kalian yang baru saja belajar main gitar.


1. Tidak ada yang susah dalam bermain gitar.
  


Setting mindset kalian bahwa bermain gitar adalah hal yang mudah. Setiap ada hal yang kalian rasa susah dan tidak mungkin, anggap sebagai angin lalu, terus mainkan gitarmu!!. Logikanya sesuatu yang susah harus dilatih, kalau sudah terlatih pasti terbiasa, kalau sudah terbiasa pasti mudah, simpel kan?. Satu hal lagi yang harus kalian ingat kalau sulitnya sebuah teknik atau lagu hanya bersifat sementara kalau kalian imbangi mindset tadi dengan berlatih.


2. Jangan berlatih sampai bisa.





"Ente waras kan pet?" Pasti kalian bingung, apa maksudnya? kok "jangan berlatih sampai bisa"? So, ini bukan prinsip ane yang ane tanamkan saat berlatih hingga sekarang. Sekilas terlihat bertolak belakang bukan? Open your mind dan resapi, justru ketika kalian "berlatih sampai bisa" disitu kalian akan merasa lebih cepat puas, dan ketika kalian sudah puas pasti kalian letakkan gitar dan tidur. Prinsip seperti yang menurut ane salah. Terus apa yang bener? Yang bener "Berlatihlah sampai tidak bisa". Tambah ngaco kan? No! yang ane maksud adalah "Berlatihlah sampai kalian tidak bisa menemukan kesalahan lagi dengan apa yang kalian pelajari hari ini". Ketika kalian sudah bisa dengan materi hari ini, ulangi lagi! jika masih salah ulangi sampai kalian nggak membuat kesalahan lagi. Prinsip ini membuat kalian terlatih untuk tidak mudah cepat puas.


3. Jangan hanya belajar teknik, Mainkan lagu.





Sebagai pemula, pasti kalian akan sering berlatih banyak teknik seperti strumming, picking, fingering, tapping, slap dan sebagainya. Eits, ingat itu hanya sebuah teknik. Jangan lupa mainkan sebuah lagu, mungkin lagu sederhana, ulangi sampai lancar, jika sudah coba ganti ritmiknya menjadi musik aliran lain, contohnya lagu Katty Perry - Firework jadiin reggae, dangdut, bossanova atau lainnya. Iseng aja membuat musik tadi berbeda. Perbanyak playlist lagu kalian dan berlatihlah setiap lagu dengan pelan tapi pasti.


4. Jangan pernah malu.





Ini merupakan kebiasaan hampir seluruh pemula, selalu malu kalau ada yang lebih senior, selalu malu saat disuruh main didepan banyak orang. Hmmm, malu aja terus niscaya kalian tidak akan berkembang hahaha. Inget ya sob semua profesional berawal dari pemula, cuek aja kalau kalian masih junior, senior yang beneran pro tidak akan merendahkanmu (paling cuma dibatin hahaha). Next setiap kalian ditunjuk untuk main gitar, sikat!!! Jangan tunggu orang lain yang dipilih.


5. Berlatih dan bersabar.





Nah, kalau ini adalah poin yang mungkin kalian anggap sepele tetapi manfaatnya luar biasa. Trust me, ane pun pernah mengalami putus asa, menyerah dengan ilmu gitar, distulah kalian akan diuji kesabarannya dalam mendalami gitar. So buat kalian yang katanya junior, keep practicing, be patient and Rock On!! kalau kalian berlatih dan sabar, kelak 1, 2 atau 3 tahun dari sekarang saat kalian membaca artikel ini kalian akan jauh lebih baik.