05 August 2023

Makin Banyak Senar Bass Makin Jago? Nggak Gitu Konsepnya!

 


Halo bass player! Setelah hampir 10 tahun menulis artikel musik di blog ini, kali ini saya akan menulis artikel pertama tentang bass. Di artikel ini secara singkat saya hanya akan meluruskan sebuah pandangan yang sering salah salah, dimana banyak orang beranggapan jumlah senar bass menunjukkan kepiawaian seorang bass player.


Jumlah Senar Bass Pada Umumnya

Kalau ditanya berapa sih senar instrumen bass pada umumnya, jawabannya adalah 4. Jika tidak percaya silahkan main ke toko musik atau jelajahi YouTube, dan kalian akan menemukan lebih banyak player bass memainkan bass senar 4. Tuning standar bass senar 4 adalah E A D G (dari atas ke bawah), sama seperti gitar dari senar 6 sampai 3.


4 Senar Lebih Dari Cukup

Apakah bass dengan 4 senar dianggap kurang layak? Jawabannya tidak. Dengan menggunakan bass 4 senar kita sudah bisa memainkan banyak lagu. Hampir semua guru bass juga menyarankan memiliki bass senar 4 untuk memulai belajar.


Banyak Maestro Bass yang Tetap Pakai Bass Senar 4

Bassist terkenal seperti Victor Wooten, Marcus Miller, Billy Sheehan, Flea (Red Hot Chili Peppers) masih juga menggunakan bass senar 4. Bahkan permainannya luar biasa.


Lalu, Kenapa Ada Senar 5?

Sederhananya, karena beberapa bassist membutuhkan nada yang lebih low (tambahan nada B pada senar paling atas). Biasanya bassist yang bekerja sebagai session player memilih menggunakan bass senar 5 karena mereka menerima job dengan berbagai macam genre, bahkan beberapa genre seperti rock sering membutuhkan low notation.


Kalau yang Pakai Senar 6 Buat Apa?

Untuk menjawab ini saya akan menunjukkan 2 bass player yang menggunakan 6 strings bass yaitu John Myung (Dream Theater) dan John Patitucci. Mereka bermain pada genre yang sangat eksperimental, sehingga mereka memerlukan senar tambahan untuk mendapatkan nada tinggi di senar paling bawah (biasanya C).


Kesimpulan

Keputusan seorang bassist yang memilih bass senar 4 atau 5 atau 6 bukan agar terlihat atau menjadi lebih jago, tetapi karena kebutuhan bermusiknya. Kalian tetap bisa menjadi bass player profesional dengan 4 bass strings kok. Tulis komentarmu jika ada pandangan lain yaa!