01 June 2020

Mengenal Pickup Gitar Elektrik


Mengenal Pickup Gitar Elektrik peterdevriesguitar.com

Gitar elektrik merupakan sebuah penemuan besar dalam perkembangan industri musik. Bagaimana tidak, sebuah instrumen chordophone dipadukan dengan perangkat elektronik (amplifier, pickup) akhirnya menjadi instrumen berjenis electrophone (baca Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya). Salah satu perangkat yang sangat penting dalam arsitektur gitar elektrik adalah Pickup (baca Bagian-Bagian Gitar Elektrik). Bagi kalian yang baru terjun ke dunia musik khususnya gitar, artikel ini akan memberikan sedikit pencerahan dan pengetahuan.

Single Coil & Humbucker


Pada umumnya pickup gitar yang dikenal adalah Single Coil dan Humbucker. Dari segi bentuk keduanya jelas memiliki perbedaan yang mencolok. Agar lebih mudah lihat gambar berikut.

Mengenal Pickup Gitar Elektrik peterdevriesguitar.com

Perbedaan dari keduanya pastinya pada kualitas suara yang dihasilkan. Single Coil cenderung menghasilkan suara dengan karakter bright  (high frequency) sedangkan Humbucker menonjolkan low dan middle frequency yang lebih dominan. Mana yang lebih baik? Semuanya bergantung kepada tone preferensi masing-masing gitaris, karena setiap gitaris memiliki pengaruh musik yang berbeda dalam membentuk karakternya.

P90 Pickups


Berbeda dengan Single Coil dan Humbucker, P90 memiliki karakter yang berbeda. Dari segi ukuran P90 hadir dalam berbagai bentuk menyesuaikan body gitar yang berbeda. Beberapa jenis pickup gitar elektrik P90 antara lain.

  • Soap Bar - P90 pertama yang dirilis dan diperkenalkan oleh Gibson. Pickup gitar ini dinamai Soap Bar yang berarti sabun batang karena secara fisik warna putih krem ​​bentuknya menyerupai sabun batang. Hadirnya P90 ini dimaksudkan untuk disematkan pada body gitar dengan tipe Les Paul dan SG.
  • Dog Ear - Ketika Gibson mulai menerapkan pickup P90 ke dalam lebih banyak gitar mereka, mereka akhirnya membuat casing untuk mengakomodasi model lain seperti ES-330.
  • P90 Ukuran Humbucker - Industri musik akhirnya memproduksi pickup P90 dengan dimensi humbucker. Hal ini ditujukan agar konsumen dapat mengganti pickup Humbucker dengan P90 tanpa memodifikasi body gitar.

Jenis Pickup Gitar Hasil Eksplorasi Lainnya


Mengapa saya kategorikan demikian, karena pickups selain Single Coil Humbucker, dan P90 merupakan hasil dari eksplorasi para engineer dan industri musik. Eksplorasi tentunya untuk menemukan karakter yang baru dari tone gitar elektrik. Selain itu eksplorasi tone dari sebuah pickup jenis baru akan membuat sebuah brand memiliki keunikan dan memiliki nilai jual. Berikut adalah beberapa jenis Pickup hasil eksplorasi.

Mini Humbucker : Awalnya dibuat oleh perusahaan Epiphone. Mini-humbucker menyerupai humbucker Gibson PAF, karakter tone yang dihasilkan lebih jelas, lebih terang, dan tidak seperti suara Gibson pada umumnya.

Coil Sized Humbucker : Pickup ini berukuran Single Coil namun memiliki arsitektur Humbucker.

Sustainer Pickup : Gitar merupakan salah satu instrumen dengan sustain yang pendek, sehingga beberapa industri musik mencoba membuat sebuah perangkat elektronik agar sustain gitar menjadi panjang. Sustainer pickup biasanya dipasang pada posisi neck.

Masih banyak tipe pickup gitar elektrik lainnya, jika kalian mengetahui tipe lainnya silahkan tambahkan di kolom komentar.

Picture Source Ultimate Guitar | Equipboard