19 February 2020

Perbedaan Symphony, Orchestra, dan Philharmonic


Bagi teman-teman yang memiliki kecintaan terhadap musik klasik, atau yang saat ini sedang mendalami musik klasik, tentunya tidak asing dengan tiga kata ini, Symphony, Orchestra, dan Philharmonic. Bahkan bagi beberapa masyarakat awam kata symphony atau orchestra mampu memberi gambaran terhadap sebuah musik dengan aliran, gaya, dan formasi tertentu. Tentunya tidak menjadi sebuah permasalahan, namun kecenderungan salah persepsi ini muncul dan menjadi bahan perdebatan bagi beberapa orang. Pada artikel ini saya akan menerangkan perbedaan Symphony, Orchestra, dan Philharmonic.

Lucas Reilly menuliskan sebuah analogi dalam artikelnya, "Remember when your brain exploded after your fourth grade math teacher told you “every square is a rectangle, but not every rectangle is a square!” Understanding the difference between an orchestra, a symphony, and a philharmonic is kind of like that".

Pada dasarnya, dalam beberapa istilah musik kita sering terjebak saat mengartikan sebuah kata. Seharusnya sebelum kita mengartikan sebuah istilah musik, kita harus mampu mengklasifikasikan istilah musik tersebut ke dalam beberapa kategori dengan pertanyaan mendasar, apakah istilah musik tersebut masuk dalam bentuk musik, gaya musik, teknik, atau hal lainnya. Saya berikan contoh konkret, jika kalian tahu Band Metallica dan salah seorang teman kalian berkata, "Metallica itu Rock!" jelas kalian tidak bisa mengartikan kata Rock dengan kata benda yang berarti batu. Melalui akal pikiran otak kita mampu mengartikan Rock merupakan sebuah aliran musik (genre) sehingga kalimat tersebut memiliki arti Metallica adalah band beraliran rock.

Kembali ke pembahasan perbedaan symphony, orchestra, dan philharmonic, berikut adalah penjelasannya.

1. Symphony

Simfoni (symphony) adalah sebuah bentuk musik yang sangat terkenal pada era Klasik dan repertoarnya dibawakan dalam format besar seperti orchestra. Dalam era Klasik terdapat tiga bentuk musik yang sangat terkenal yaitu Sonata, Concerto, dan Symphony.

2. Orchestra

Orchestra merupakan formasi yang tersusun atas banyak personil, standarnya terdiri dari instrumen gesek, tiup kayu/logam, perkusi. Orchestra dengan susunan pemain yang besar dan membawakan karya Symphony biasanya disebut Orchestra Symphony.

3. Philharmonic

Istilah ini sebenarnya mengacu pada dua istilah sebelumnya (Orchestra dan Symphony) namun esensinya hanya untuk penamaan grup orchestra saja. Contoh yang ditulis dalam artikel milik Lucas Reilly menggambarkan ada dua grup oechestra di Kota New York yaitu Brooklyn Philharmonic dan Broklyn Symphony yang mana keduanya adalah orchestra.


Picture source : Todd Rosenberg Photography