15 August 2019

Perbedaan Mono dan Stereo

perbedaan mono dan stereo peter de vries guitar

Ketika kalian mendengarkan musik, mengatur suara pada televisi atau perangkat laptop, kalian akan sering mendengar istilah mono dan stereo. Bagi orang awam, sepertinya tidak ada perbedaan antara mono dan stereo, tetapi bagi kalian yang ingin mendalami dunia audio sebaiknya pengertian mendasar seperti ini wajib kalian ketahui. Berikut penjelasannya.

Pada dasarnya mono atau stereo dibedakan dari jumlah saluran yang kalian dengar. Mono berarti satu saluran dimana sebuah suara/bunyi dihantarkan melalui satu saluran saja, sedangkan Stereo menghantarkan suara/bunyi melalui lebih dari satu saluran.


Masih bingung? Jika penjelasan diatas terkesan membingungkan saya akan memberikan contoh konkretnya. Jika kalian menggunakan headphone/headset kalian pastinya terdapat sisi kanan dan sisi kiri. Dalam mendengarkan musik perhatikan detail dari masing masing instrumen. Normalnya vokal utama terdengar satu suara saja, itu karena vokal utama direkam menggunakan satu microphone sehingga suara yang ditangkap oleh telinga kalian seolah bersumber dari satu saluran. Berbeda dengan instrumen drum, jika kalian mendengarkan drum dengan detail maka kalian dapat merasakan suara snare di kiri, kick di tengah, tom di kanan dan kiri, floor toom di kanan, cymbal di kanan dan kiri, itu karena drum direkam dengan lebih dari satu microphone, suara drum akan menjadi sangat aneh jika direkam dengan satu microphone.

Untuk memperjelas analogi diatas, gambar dibawah ini menunjukan perbedaan mono dan stereo dengan menggunakan speaker.

perbedaan mono dan stereo peter de vries guitar

Bagaimana? Sudah paham dengan penjelasan diatas? Jika masih ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Selamat belajar.

Picture source :
www.istockphoto.com/my/portfolio/ClarkandCompany
www.frozenmountain.com