09 August 2019

Menghilangkan Noise Audio dengan FL Studio

Menghilangkan Noise Audio dengan FL Studio


Produksi musik saat ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Beberapa orang mengatakan bahwa produksi musik dapat dilakukan di kamar, tidak perlu menyewa studio dengan alasan mengurangi budget. Problem yang sering ditemukan oleh teman-teman dalam memproduksi audio adalah noise (derau).

Dalam duna rekaman, noise merupakan sebuah kendala yang tidak sepele. Suara vokal atau instrumen yang bagus seketika menjadi biasa ketika suara noise menguasai suara vokal atau instrumen. Pertanyaan yang timbul dari teman-teman adalah bagaimana cara menghilangkan noise audio? Pada artikel ini saya akan membahas tuntas penyebab noise serta cara mengatasinya berdasarkan pengalaman saya dalam memproduksi musik.

Mengurangi Noise (Pre Production)

Dalam memproduksi audio sebaiknya kita harus meminimalisasi noise sebelum rekaman, alasannya agar proses post production menjadi lebih mudah dan tidak terfokus pada kendala noise. Berikut adalah jenis noise yang wajib kalian pahami beserta solusinya :

1. Room Noise

Menghilangkan Noise Audio dengan FL Studio

Menurut Terrance Kawles dalam videonya yang berjudul How to Reduce Noise During Recording, "Tidak ada lingkungan rekaman yang benar-benar redam" artinya lingkungan rekamanmu akan menyebabkan noise juga. Kawles menambahkan bahwa semakin redam sebuah lingkungan rekaman maka akan semakin besar potensi noise yang dihasilkan. Ketika kita merekam vokal atau instrumen kita juga merekam ruangan yang kita gunakan.

Bagaimana cara mengatasinya? yang paling utama adalah memasang peredam (green wool, rock wool, atau bahan sejenisnya), bass trap pada sudut ruangan, dan sebisa mungkin kurangi beberapa benda yang menimbulkan pantulan suara pada ruangan. Kalian butuh melakukan eksperimen atau melakukan konsultasi dengan arsitek yang paham mengenai ruangan akustik.

2. Gears Noise

Menghilangkan Noise Audio dengan FL Studio

Penyebab noise yang berikutnya bersumber dari alat-alat yang kalian gunakan. Jika kalian menggunakan gitar akustik elektrik pastikan preampnya baik, pastikan juga tidak ada kebocoran suara karena fret buzz. Selain instrumen, pemilihan kabel juga sangat penting. Gunakan balanced cable dan usahakan sependek mungkin untuk mengurangi noise saat rekaman. Masih banyak lagi penyebab noise yang dapat kalian uji coba dari peralatan kalian seperti soundcard, microphone, preamp dan lainnya.

3. Electricity Noise



Noise juga dapat disebabkan karena adanya ground loop dari perangkat elektrik yang kita miliki di rumah seperti kulkas, air conditioner, televisi, dan perangkat lainnya. Sebisa mungkin kurangi peralatan elektrik yang tidak digunakan jika melakukan proses rekaman. Cara lain yang dilakukan oleh Sean Divine adalah menambahkan alat bernama Hum X pada kabel adaptor komputernya. Cara tersebut cukup mahal karena Hum X sendiri susah didapatkan di Indonesia. Cara yang saya gunakan adalah memasang kabel ground ke peralatan penyebab noise. Kalian bisa menanyakan hal ini ke ahli kelistrikan untuk memasang kabel ground.

Mengurangi Noise (Post Production)

Sekarang saya akan jelaskan bagaimana cara mengurangi noise dalam proses post production (pasca rekaman) dengan FL Studio.

Pasti kalian bertanya, judulnya menghilangkan noise, mengapa pada artikel menuliskan mengurangi? kok tidak konsisten? Alasan saya karena banyak produser pemula beranggapan bahwa noise itu bisa dihilangkan namun dalam kenyataannya tidak. Proses menghilangkan noise sebenarnya hanya proses mereduksi suara yang tidak kita inginkan dimana kualitas suara vokal/instrumen pastinya juga ikut tereduksi. Agar proses reduksi noise tidak mempengaruhi kualitas suara vokal/instrumen saya selalu menekankan bahwa usahakan pre production dilakukan dengan benar.

Saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mereduksi noise dengan FL Studio, kali ini yang saya gunakan adalah FL Studio 20.

1. Buka Edison dengan cara klik button mixer


2. Klik Slot 1 pilih Edison


3. Jika Edison sudah muncul import audio dengan cara klik pada workspace Edison.


4. Select waveform noise dan klik button bergambar "sikat".


5. Klik Acquire Noise Profile


6. Jika sudah select all audio yang akan direduksi noisenya dengan CTRL+A kemudian klik button bergambar "sikat" lagi.


10. Klik Accept 


11. Hasilnya seperti ini 


Saran saya, tetap maksimalkan pada proses pre production sehingga noise yang dihasilkan tidak begitu parah. Pada gambar diatas saya contohkan waveform dengan kadar noise yang tipis, ketika dilakukan reduce noise kualitas vokal/instrumen yang ikut tereduksi namun tidak begitu banyak pengurangan kualitas. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Image source :
www.avid.com, www.rollawaygaragedoors.co.uk, www.guitarnoise.com, www.corporate.bestbuy.com