06 April 2019

Jenis Tangga Nada Minor

jenis tangga nada minor

Artikel kali ini akan membahas beberapa jenis tangga nada minor yang wajib kalian tahu. Bagi kalian yang belum tahu apa itu tangga nada, sederhananya tangga nada adalah susunan dari beberapa nada yang berjenjang, dimana susunan nadanya akan membentuk sebuah kombinasi interval. Untuk lebih detailnya mari kita bahas satu per satu.

Dalam musik barat, khususnya dalam musik kontemporer sejatinya tangga nada minor hanya terbagi menjadi 3 macam yaitu Minor Natural, Minor Harmonis, dan Minor Melodis. Ketiganya memiliki karakter yang cukup unik terutama dalam penerapannya. Mari kita bahas!

1. Minor Natural

Jenis minor ini juga disebut relatif minor karena memiliki relasi yang amat dekat dengan tangga nada mayor, dimana nada Do (1) pada tangga nada mayor memiliki relasi minor dengan La (6). Contoh : bila terdapat tangga nada C Mayor yang berarti C = Do maka relatif minornya adalah A. Sehingga susunan tangga nada Mayor dan Minor Natural sebenarnya sama namun dimulai dengan root yang berbeda. Jika tangga nada C Mayor adalah C D E F G A B C maka kita juga bisa menyusunnya dalam tangga nada minornya dengan susunan A B C D E F G A. Interval dari tangga nada ini adalah 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1. Perhatikan gambar dibawah ini :


jenis tangga nada minor


2. Minor Harmonis

Sederhananya jika kalian ingin menyusun minor harmonis, gunakan susunan minor natural terlebih dahulu, kemudian berikan # (sharp/kres) pada nada ketujuh. Pada A Minor Natural nada ketujuhnya adalah G sehingga dalam minor harmonis G harus dikres menjadi G#. Interval dari tangga nada minor harmonis juga berubah menjadi 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1/2 - 1 1/2 - 1/2. Berikut contoh A Minor Harmonis :

jenis tangga nada minor


3. Minor Melodis

Untuk membuat susunan minor melodis cukup mudah. Jika pada  minor harmonis nada ketujuhnya dikres, maka pada minor melodis nada keenam dan ketujuh harus dikres. Gunakan susunan minor natural terlebih dahulu, kemudian berikan # (sharp/kres) pada nada keenam dan ketujuh. Nada keenam dari A minor natural adalah F dan ketujuh adalah G sehingga F menjadi F# dan G menjadi G#. Interval dari minor melodis adalah 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Berikut contoh A minor melodis :

jenis tangga nada minor


Sedikit catatan yang agak berbeda dari tangga nada ini adalah perbedaan interval antara ascending dan descending. Gerakan ascending menggunakan interval minor melodis, gerakan descending menggunakan interval minor natural. Comtoh gerakan ascending dan descending dari A Minor Melodis : A - B - C - D - E -  F# - G# - A - G - F - E - D - C - B - A (Merah untuk gerakan ascending/naik, hijau untuk gerakan descending/turun).

Sekian penjelasan dari saya mengenai jenis tangga nada minor, selamat berlatih.

picture by motherstonic