20 October 2018

Belajar Tremolo Gitar Klasik untuk Pemula

belajar tremolo gitar klasik untuk pemula peterdevries guitar


Beberapa bulan belakangan ini semenjak masuk ke kampus ISI Yogyakarta sebagai mahasiswa Program Studi Seni Musik saya mencoba mempelajari gitar klasik dari nol. Bagi saya tidak mudah untuk membiasakan posisi jari dalam bermain gitar klasik karena selama hampir 14 tahun saya fokus bermain gitar elektrik. Hal yang paling membuat saya kagum adalah sebuah teknik gitar klasik yang dinamakan Tremolo. Saya mencoba menanyakan bagaimana cara awal belajar teknik ini kepada beberapa teman saya alumni Sekolah Menengah Musik. Berikut penjelasannya.

Sebelum kalian melanjutkan membaca artikel ini, buat kalian yang benar benar pemula kalian bisa membaca artikel sebelumnya Fingering dan Membaca Not Balok Gitar Klasik untuk Pemula dan Belajar Membaca Not Balok untuk Pemula dengan 25 Carcassi Guitar Etude.


Untuk kalian yang sudah paham dasar bermain gitar klasik, berikut tips untuk belajar teknik tremolo yang saya dapatkan dari teman saya yang fokus belajar gitar klasik.

1. Petik dengan urutan "p a m i"
Petik senar 1 atau 2 secara open string dengan urutan "p a m i" dengan tempo pelan dan tone yang sama antara jari satu dengan jari lain. Naikkan tempo dari lambat ke cepat secara bertahap dan fokus dengan kebersihan dan artikulasi.

2. Gunakan teknik staccato
Lakukan dengan teknik staccato (untuk lebih jelasnya kalian bisa buka youtube). Teknik ini berguna untuk melatih kesiapa jari berikutnya untuk memetik, artinya ketika ibu jari memetik, jari telunjuk sudah siap dan seterusnya. Sama dengan teknik pertama naikkan tempo dari lambat ke cepat secara bertahap.

3. Biasakan penggunaannya
Bisa karena biasa, hal itu yang harus kita pahami ketika kalian memulai belajar teknik ini. Teknik tremolo tidak mungkin kalian dapatkan secara instan karena kalian harus melatih koordinasi motorik jari. Untuk itu sebelum kalian bermain gitar ada baiknya kalian melatih tremolo terlebih dahulu beberapa menit.

4. Mainkan lagu yang terdapat teknik tremolo di dalamnya
Cari referensi lagu klasik yang terdapat teknik tremolo seperti Etude No.7 Op. 60 Matteo Carcassi atau lagu lainnya. Perbanyak referensi lain dengan demikian ketika kalian memainkan lagu tersebut, teknik ini sudah terkandung di dalamnya dan mau tidak mau jari kalian harus memainkan teknik tremolo.

Demikian beberapa tips untuk melatih teknik tremolo berdasarkan pengalaman saya. Keep practicing guitarist.