17 August 2018

Belajar Mixing Bagi Pemula Part 1

belajar mixing bagi pemula peter de vries guitar


Semua profesional berawal dari pemula. Itu adalah kunci dalam mempelajari apapun. Dalam dunia produksi musik yaitu mixing ada hal dasar yang wajib kalian tahu. Di artikel kali ini saya akan membahas apa saja yang wajib kalian kuasai untuk mempelajari dasar mixing.

1. Mixer

belajar mixing bagi pemula peter de vries guitar


Apapun Digital Audio Workspace (DAW) yang kalian gunakan, hal wajib kalian pahami adalah bagaimana menggunakan mixer, mengkoneksikan track dengan mixer, menambahkan efek dan menghubungkan channel satu dengan lainnya. Pahami benar apa saja modul yang ada di DAW kalian.

2. Pan Pot

belajar mixing bagi pemula peter de vries guitar


Pan pot merupakan sebuah knob yang fungsinya untuk memindah suara di posisi kanan atau kiri, pan pot merupakan bagian terpenting dalam mixing. Untuk detail penggunaannya coba kalian cari referensi lagu yang sudah full mixing dan mulailah memetakan dimana letak audio sesuai dengan imajinasi dan referensi kalian ya.

3. Equalizer

belajar mixing bagi pemula peter de vries guitar

Equalizer merupakan fx yang digunakan untuk menentukan frekuensi yang kita inginkan. Bagi kalian yang belum paham sama sekali tentang frekuensi, mulailah belajar membedakan beberapa kategori frekuensi dari sub bass, bass, middle, treble, dan hiss. Setelah kalian paham barulah kalian bereksperimen. Ingat, untuk menilai sebuah frekuensi dan kualitas suara gunakan pendengaran kalian bukan visual. Banyak orang terjebak bahwa mereka menitik beratkan mixing pada kemampuan visual. Sekali lagi, ini mixing bukan editing foto.

Sekian dulu pembahasan pertama saya tentang basic mixing untuk pemula, untuk lebih detailnya akan saya bahas di part kedua. Selamat belajar.