04 August 2018

Belajar Melodi Gitar Part 6 (Modes)

Belajar Melodi Gitar Part 6 (Modes)

Sudah masuk di part 6, membahas tentang modes. Buat yang belum tahu pengertian apa itu modes kalian bisa baca artikel Mengenal Seven of Modes ya.
Bagi teman - teman yang sudah berada pada tahap modes saya yakin kalian sudah ada pada posisi menengah dimana banyak tangga nada dan penggunaannya pasti sudah sangat lancar. Modes sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah suasana yang berbeda dari sebuah progresi chord yang ada. Menghafalkan modes secara teori jelas tidak rumit. Bagi saya, modes merupakan materi yang cukup butuh effort karena lebih banyak menggunakan rasa. Bagaimana tidak ketikaada progresi yang seharusnya paling aman kalian main C Major Scale, kalian ubah menjadi C mixolydian dan lain sebagainya. Terus bagaimana cara agar kita bisa menggunakan modes dalam alur melodi kita? Cukup sederhana namun butuh waktu, kalian harus sering mendengarkan antara suatu modes dengan modes yang lainnya. Dengarkan satu atau dua terlebih dahulu, pelajari teorinya dan coba implementasikan selama beberapa minggu, bulan bahkan tahun. Jika sudah coba lagi modes lain hingga kalian benar - benar paham. Cari juga artis gitar solo yang penggunaan modesnya sangat menonjol (misal steve vai sering pakai lydian).

Saya rasa penjelasannya cukup singkat saja, untuk kalian yang mau tau beberapa lick yang menggunakan modes kalian bisa buka artikel Magic Lick! | Guitar Lick | A Lydian Lick with Major 7 Arpegio dan Magic Lick! | Guitar Lick | Dorian Lick Idea (Ada partitur, penjelasan dan video slow motionnya juga). Selamat berlatih.

Artikel sebelumnya :